Guru Lulus Passing Grade (PG) Bisa Menggantikan PPPK yang Mengundurkan Diri

Bismillah, masih berbagi informasi tentang PPPK Guru tahun 2022. Kabar baik kali ini bagi pelamar yang sebelumnya lulus Passing Grade atau PG namun belum bisa mengisi formasi, maka bisa menggantikan para peserta PPPK yang sudah lulus mengisi formasi namun yang mengundurkan diri. Informasi ini disampaikan langsung oleh pejabar BKN, sebagaiman yang guru-id kutip dari portal jpnn.

pppk 2022
Pertama

Menurut Deputi Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka) BKN Suharmen, para peserta CPNS, pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) guru dan nonguru yang mengundurkan diri akan diganti dengan lainnya. "Pergantian tersebut sah-sah saja karena ada regulasi yang mengaturnya," kata Deputi Suharmen kepada JPNN.com, Minggu (27/2).

Dia mengungkapkan ada beberapa instansi yang meminta peserta yang mengundurkan diri baik CPNS, PPPK guru, PPPK nonguru diganti dengan peserta lainnya. Tentunya yang lulus passing grade (PG) dengan ranking terbaik. Sesuai PermenPAN-RB Nomor 27 Tahun 2021, lanjutnya, kalau ada peserta CPNS yang mengundurkan diri maka bisa digantikan peserta di bawahnya, sesuai urutan nilai tertinggi.

kedua

Begitu juga dengan peserta PPPK guru dan nonguru, proses pergantiannya sebagaimana tertuang dalam PermenPAN-RB 20/2021 serta PermenPAN-RB 29/2021.

Namun, menurut Deputi Suharmen, usulan pergantian peserta, sudah tidak bisa diakomodasi apabila peserta yang mengundurkan diri tersebut sudah diterbitkan NIP CPNS, NIP PPPK guru dan nonguru. "Jadi, pergantian bisa dilakukan sebelum NIP ditetapkan. Caranya dengan mengambil peserta di bawah peserta yang mengundurkan diri," terangnya.

Contohnya, peserta yang mengundurkan diri ranking 5 dari 6 peserta. Formasi yang disiapkan 5 formasi, otomatis ketika pergantian, ranking 6 naik ke atas.

Hingga 26 Februari 2022, BKN telah menetapkan 18.710 NIP CPNS 2021, 14.799 NIP PPPK guru tahap 1 909 NIP PPPK guru tahap 2, dan 9.702 NIP PPPK noguru. Selebihnya masih diproses oleh BKN

Lihat : Cara cek daerah yang sudah terbit NI dan NIP PPPK CPNS 2021


Baca juga : Besaran Gaji PPPK Guru S-1 Berdasarkan GOlongan

Baca juga : Jumlah Kuota seleksi guru pppk tahap 3

Baca juga : Syarat dan kriteria Pelamar seleksi guru pppk tahap 3

LIHAT juga : Passing grade pppk tahap 3

Download Juga : Rangkuman Materi soal pppk tahap 3 SD

Ketahui Juga : Cara Melihat kuota formasi pppk Guru tahap 3

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel