kurikulum merdeka belajar pdf sd smp sma smk

Bismillah. Kabar baik yang akan guru-id pada kesempatan ini mengenai kurikulum merdeka belajar. Di akhir postingan akan ada tautan pdf berisi informasi penting kurikulum tersebut.

kurikulum merdeka belajar

Sahabat Pembelajar. Tahun 2022 Mendikbudristek kembali memberikan warna baru dalam dunia pendidikan dengan menghadirkan Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar. Tujuannya tak lain adalah memulihkan kondisi pembelajaran di indonesia agar semakin baik. Sebagaimana kita ketahui bersama pandemi yang tak kunjung berkesudahan membuat siswa malas belajar, guru malas mengajar. Mungkin saja dengan hadirnya kurikulum baru ini bisa kembali membuat semangat belajar siswa berangsur pulih dari sebelumnya.

dikutip dari portal kemdikbud.go.id, Dalam pemulihan pembelajaran saat ini, lanjut Menteri Nadiem, satuan pendidikan diberikan kebebasan menentukan tiga kurikulum yang akan dipilih atau tidak dipaksakan. Pilihan pertama, Kurikulum 2013 secara penuh, pilihan kedua Kurikulum Darurat, yaitu Kurikulum 2013 yang disederhanakan, dan pilihan ketiga adalah Kurikulum Merdeka.

“Untuk itu, pemerintah akan menyiapkan angket untuk membantu satuan pendidikan menilai tahapan kesiapan dirinya menggunakan Kurikulum Merdeka,” ujar Menteri Nadiem.

Berbagai pihak pun turut mendukung kebijakan Kurikulum Merdeka yang diluncurkan Kemendikbudristek. Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, mendukung penuh langkah Kemendikbudristek yang akan melaksanakan kebijakan Kurikulum Merdeka mulai Tahun 2022 sebagai upaya pemulihan pembelajaran.

“Saya yakin kurikulum ini mampu mendorong pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan siswa serta memberi ruang yang lebih luas pada pengembangan karakter dan kompetensi dasar,” tutur Menteri Agama.

Pelaksanaan Kurikulum Merdeka tak lepas dari peran guru. Danang Hidayatullah, Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia menganggap bahwa Kurikulum Merdeka merupakan bagian dari guru di sekolah. Menurutnya, guru harus bisa menyelaraskan adanya perubahan. “Kita harus sama-sama bergerak dan menggerakkan adanya pemerataan dan penyelarasan dari perubahan ini,” tegasnya.

Guru SMKN 01 Palembang, Win Darmansyah juga mengungkapkan kurikulum protipe lebih fleksibel dibandingkan dengan Kurikulum 2013. “Kita bisa melakukan pendekatan berbasis mata pelajaran, bisa juga menggunakan pendekatan tematik atau kolaborasi antarmata pelajaran,” tuturnya.

Kumpulan materi Kurikulum Merdeka Belajar PAUD SD SMP SMA

Selanjutnya berikut kumpulan informasi atau pedoman tentang kurikulum merdeka belajar yang bersumber dari keputusan mendikbudristek terbaru.

🟥 Pelajari tentang : Cara Mendaftar Implementasi Kurikulum Merdeka

🟦 Lihat juga: Struktur Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD

🟪 Lihat juga: Struktur Kurikulum Merdeka Jenjang SD/Mi

⬛ Lihat juga: Struktur Kurikulum Merdeka Jenjang SMP

🟪 Lihat juga: Struktur Kurikulum Merdeka Jenjang SMA

🟦 Lihat juga: Struktur Kurikulum Merdeka Jenjang SMK

🟥 Pelajari tentang : Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka

🟦 Lihat juga: Tema Penguatan profil Belajar pancasila Jenjang PAUD

🟪 Lihat juga: Tema-tema Penguatan profil Belajar pancasila Jenjang SD SMP SMA SMK

⬛ Lihat juga: Perangkat ajar kurikulum Merdeka

🟪 Lihat juga: Implementasi kurikulum Merdeka

🟦 download juga: Keputusan mendikbudrsitek tentang pedoman kurikulum merdeka

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel