Kurikulum Operasional Jenjang SD Tahun 2022/2023 (kurikulum merdeka)

Bismillah, berikut ini merupakan contoh Kurikulum Operasional Jenjang SD Tahun 2022/2023 sebagai referensi bagi Satuan pendidikan yang akan melaksanakan kurikulum Merdeka.

kurikulum operasional 2022 2023
BAB I
Profil Sekolah SD Negeri ...


A. Pendahuluan

Pendidikan memegang peranan sangat penting bagi perkembangan individu. Kualitas masyarakat yang berpendidikan akan mendukung perkembangan suatu negara menjadi bangsa yang besar, bermartabat, dan bangga serta cinta tanah air.

Sekolah, dalam hal ini sebagai ‘miniatur dunia’, tentunya diharapkan dapat menyiapkan siswa menjadi pribadi yang tangguh, kritis, kreatif, dan memiliki sikap positif dalam menghadapi perubahan. Sekolah harus siap membimbing siswa untuk berkembang di setiap proses belajarnya sehingga mereka akan menjadi pribadi yang memiliki kompetensi untuk menjadi bagian dari masyarakat dunia.

Sekolah adalah tempat berkumpulnya anak dengan potensi yang tidak sama. Di dalam kelas, setiap siswa memiliki kebutuhan yang berbeda. Hal ini tentunya harus difasilitasi oleh Sekolah. Sebagai miniatur dunia, Sekolah berfungsi sebagai laboratorium sosialisasi yang sangat bermanfaat bagi siswa untuk bersosialisasi, berkomunikasi, mengembangkan keterampilan emosi, dan memecahkan masalah.

Untuk membekali siswa menjadi pribadi yang kompeten dibutuhkan suatu perangkat yang dikembangkan dengan memerhatikan berbagai dimensi serta melibatkan berbagai ahli dan merujuk kepada referensi yang terpercaya. Dengan demikian, kurikulum yang dikembangkan disesuaikan dengan kebutuhan siswa.

Untuk mencapai tujuan di atas, Sekolah membutuhkan sebuah dokumen sebagai acuan dalam menjalankan program belajarnya. Dokumen ini merupakan dokumen kurikulum operasional yang menjadi pegangan (living document) sekolah.

Kurikulum operasional ini disusun dengan beberapa alasan:

  1. Sebagai pedoman dalam mengembangkan kurikulum
  2. Sebagai pedoman mengevaluasi program sekolah
  3. Sebagai acuan untuk perencanaan program selanjutnya
  4. Sebagai bahan informasi untuk para pemangku kepentingan
a. Landasan Sosiologis

Sekolah, sebagai suatu lembaga pendidikan yang bertanggung jawab terhadap proses belajar siswa, memiliki tujuan yang mulia dalam mengembangkan pendidikan anak – anak Indonesia di lingkungannya. Sebagai bangsa Indonesia, pendidikan yang mereka dapatkan berlandaskan pada agama dan nilai – nilai luhur yang dianut oleh bangsa serta tidak melupakan akar budaya dalam perjalanan belajar mereka. Siswa Indonesia diharapkan menjadi warga negara yang mandiri dan bertanggung jawab, menghargai kebhinekaan, mengedepankan berpikir positif dan kritis, serta mampu berkolaborasi. Hal tersebut bertujuan untuk melahirkan generasi pelurus yang tangguh.

b. Landasan Pedagogis

Sekolah Dasar adalah suatu lembaga yang terdiri atas siswa yang memiliki karakteristik unik. Siswa di kelas awal adalah anak-anak usia dini yang masih berpikir konkret dan baru mengenal pendidikan formal. Transisi dari pendidikan sebelumnya membutuhkan program yang disesuaikan dengan perkembangan usia. Siswa pada tingkatan kelas yang lebih tinggi adalah siswa dengan usia transisi dari pendidikan usia dini ke jenjang pendidikan yang membutuhkan pola berpikir yang lebih abstrak. Pada jenjang ini keterampilan berpikir siswa dikembangkan melalui proses belajar yang menantang sehingga kemampuan kognitifnya berkembang maksimal.

Siswa di sekolah dasar membutuhkan pengenalan pendidikan karakter. Proses penanaman pendidikan karakter dilakukan melalui pembiasaan yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Belajar dari nilai-nilai baik yang mereka lihat di sekitar mereka menjadi sangat penting. Sekolah dan rumah harus memberikan contoh baik sehingga siswa dapat belajar langsung dan meneladaninya. Proses belajar ini menjadi fondasi yang sangat penting dan menjadi bekal menuju jenjang pendidikan selanjutnya.

Jika dibutuhkan : Unduh file pdf.

🟥 baca juga : Peran atau tugas kapten belajar id

🟥 Unduh file : Tanya Jawab kurikulum Merdeka

🟥 Unduh file : Bahan ajar modul kurikulum Merdeka pdf

🟥 Unduh file : Buku Pembelajaran paradigma baru

🟦 Unduh file : Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen SD SMP SMA SMK

🟪 Unduh file : Buku Panduan Pengembangan Projek Profil belajar Pancasila SD SMP SMA SMK

🟥 Pelajari tentang : Cara Mendaftar Implementasi Kurikulum Merdeka

🟦 Lihat juga: Struktur Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD

🟪 Lihat juga: Struktur Kurikulum Merdeka Jenjang SD/Mi

⬛ Lihat juga: Struktur Kurikulum Merdeka Jenjang SMP

🟪 Lihat juga: Struktur Kurikulum Merdeka Jenjang SMA

🟦 Lihat juga: Struktur Kurikulum Merdeka Jenjang SMK

🟥 Pelajari tentang : Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka

🟦 Lihat juga: Tema Penguatan profil Belajar pancasila Jenjang PAUD

🟪 Lihat juga: Tema-tema Penguatan profil Belajar pancasila Jenjang SD SMP SMA SMK

⬛ Lihat juga: Perangkat ajar kurikulum Merdeka

🟪 Lihat juga: Implementasi kurikulum Merdeka

🟦 download juga: Keputusan mendikbudrsitek tentang pedoman kurikulum merdeka

Unduh surat edaran pdf



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel