© Cara Mudah Membuat Safelink Di Blog Utama - InfoLoh.com Source: https://www.infoloh.com/2020/09/cara-mudah-membuat-safelink-di-blog.html

latihan Soal pkn kelas 7 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2 tahun 2022/2023

Bismillah, sahabat guru pendidikan pancasila kelas VII yang kami banggakan, Kurikulum merdeka kini tengah dimulai atau berjalan pada semua satuan pendidikan. Sebagaimana kita ketahui bersama, Kurikulum baru mulai diterapkan dari jenjang SD, SMP, SMA dan juga SMK. Demi tercapainya tujuan Kurmer, Pada awal ajaran baru para guru disibukkan dengan penyusunan modul ajar, kini menjelang penilaian tengah semester, guru juga bakal sibuk menyiapkan soal-soal untuk ujian kompetensi Siswa. Sebagai pemberi referensi, guru-id menyediakan beberapa contoh soal sebagai bahan belajar siswa di rumah.

Soal pkn kelas 7 Kurikulum Merdeka

Kabar baik kali ini guru-id berbagi contih soal sts atau pts pelajaran pendidikan pancasila yang telah sesuai dengan materi pada kurikulum merdeka . Sebelumnya guru-id telah berbagi soal-soal mata pelajaran lainnya jenjang SMP sebagai latihan. Selanjutnya untuk file lengkap bisa di download melalui tautan yang ada di akhir postingan

Pada posting sebelumnya admin telah berbagi beberapa Soal UTS mata pelajaran lainnya seperti Mapel IPA, IPS dan Bahasa inggris yang bisa di download maupun langsung di copy paste ke dokumen words.

Soal-soal sts atau PTS yang admin bagikan ini merupakan kumpulan dari Uji kompetensi materi-materi Pelajaran pai dalam bentuk akm. bila membutuhkan langsung saja unduh melalui tautan yang admin sematkan dibawah

Soal ini perlu diujikan untuk mengetahui pemahaman para peserta didik. Diharapkan para siswa mengerjakannya soal latihan berikut dengan jujur, cermat, teliti, percaya diri dan penuh rasa tanggungjawab dengan cara memilih salah satu jawaban yang benar

Contoh soal pkn kurikulum merdeka kelas VII

Berikut soal kurikulum merdeka kelas 7 mata pelajaran Pkn sesuai dengan materi semester ganjil dan genap revisi 2022 Bab 1 sampai 5. Yuk pelajari bersama.

Contoh soal Semester Ganjil BAB 1

1. Para ahli menyebut bahwa “Nilai-nilai Pancasila digali dari bumi Indonesia sendiri”. Menurut kalian, apa maksud nilai-nilai Pancasila digali dari bumi Indonesia sendiri? Coba jelaskan semampu kalian.

2. Dalam merumuskan susunan sila-sila Pancasila, para tokoh di Panitia Sembilan akhirnya sepakat untuk menempatkan sila ketuhanan sebagai sila pertama. Menurut kalian, mengapa sila ketuhanan itu penting untuk dijadikan sila pertama Pancasila?

3. Pancasila merupakan dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Bagaimana cara kalian menjalankan dalam kehidupan sehari-hari: (a) Sila ketuhanan; (b) Sila kemanusiaan; (c) Sila persatuan; (d) Sila kerakyatan atau gotong royong; dan (d) Sila keadilan sosial?

Contoh soal Semester Ganjil BAB 2

1. Ada norma di rumah bahwa setiap orang harus merapikan tempat tidur masing-masing sebelum beraktivitas keluar. Anak-anak juga harus merapikan tempat tidur dulu dan membantu menyapu lantai sebelum berangkat ke sekolah. Suatu hari, guru meminta muridnya hari itu untuk datang lebih pagi karena ada acara di sekolah, sehingga tak ada untuk menjalankan norma di rumah tersebut. Apa yang akan kalian lakukan?

2. Sebagai siswa, kalian tentu memiliki kewajiban serta hak masingmasing. Di antara kewajiban tersebut adalah belajar mengikuti proses pembelajaran di sekolah. Sedangkan hak siswa adalah menerima bimbingan dari guru. Karena wabah virus Covid-19, kalian harus belajar di rumah dan tidak lagi menerima hak untuk dibimbing di kelas. Sedangkan belajar jarak jauh melalui internet atau daring juga tidak dapat dilakukan karena sarananya tidak mencukupi. Apa yang akan kalian lakukan menyangkut kewajiban dan hak tersebut?

3. Berdasarkan UUD NRI 1945, awalnya presiden Indonesia dapat dipilih berulangkali setiap lima tahun. Melalui amendemen pertama tahun 1999, aturan itu diubah. Setelah lima tahun menjabat, presiden hanya boleh dipilih sekali lagi untuk lima tahun berikutnya. Menurut kalian, apa yang akan terjadi kalau tidak ada amendemen itu? Bagaimana kira-kira keadaan Indonesia tanpa amendemen tersebut?

Contoh soal Semester Ganjil BAB 3

1. Menurutmu, apa yang akan terjadi pada bangsa dan negara Indonesia saat ini bila di tahun 1945 dulu para pemimpin memilih bentuk negara serikat/federal dan bukan bentuk negara kesatuan seperti sekarang?

2. Sebagai negara kepulauan, mana yang lebih penting bagi bangsa Indonesia untuk dikembangkan. Apakah usaha perikanan atau kelautannya atau usaha pertaniannya? Mengapa demikian?

3. Untuk menjaga persatuan dan kesatuan di Indonesia, perlu dibangun di lingkungan sekolah, di lingkungan masyarakat sekitar, serta di lingkungan bangsa dan negara secara luas. Menurutmu, mana yang lebih perlu didahulukan?

Contoh soal Semester Genap BAB 4

1. Selama ini ada anggapan bahwa laki-laki selalu lebih kuat dibanding perempuan. Karena itu dalam memilih pimpinan seperti ketua kelas, ketua kelompok, kepala desa, hingga kepala daerah dan kepala negara sering mementingkan yang laki-laki, walaupun ada perempuan yang baik untuk menjadi pemimpin. Ada yang menggunakan ayat agama yang menyebutkan ‘laki-laki itu pemimpin perempuan’ sebagai alasan, walaupun ada ayat yang juga sangat jelas bahwa ‘yang paling mulia di sisi Tuhan adalah yang bertakwa’ baik perempuan atau laki-laki. Bagaimana pandangan kalian tentang itu? Lalu bagaimana caranya meningkatkan kesadaran gender?

2. Ada orang-orang di beberapa daerah yang mengajak warga setempat untuk menolak pendatang, seolah-olah Tuhan menciptakan bumi ini hanya mereka sendiri. Padahal banyak warga pendatang telah berjasa untuk ikut memajukan daerah tersebut baik secara sosial seperti di bidang pendidikan dan kesehatan, serta pembangunan dan ekonomi. Bagaimana menyadarkan masyarakat bahwa beragamnya warga termasuk para pendatang akan membuat daerah tersebut maju, sedangkan menolak keragaman penduduk akan membuat suatu daerah akan terus terbelakang?

3. Setiap umat beragama harus sangat yakin dengan ajaran agamanya masing-masing. Namun setiap pemeluk suatu agama juga harus menghormati pemeluk agama lain karena agama juga mengajarkan bahwa ‘bagiku agamaku, dan bagimu agamamu’. Bagaimana kalian menjalankan dua prinsip itu?

Contoh soal Semester Genap BAB 5

1. Vera tinggal di perkampungan yang padat di kota, sedangkan Dian tinggal di pedesaan. Jalan di daerah tempat tinggal Vera berupa gang-gang sempit, dengan selokan yang berair kotor kehitaman dan banyak sampah. Sedangkan di daerah Dian banyak kebun yang kurang terurus dengan jalanan tanah berbatu. Apa yang kalian sarankan untuk mengembangkan lingkungan tempat tinggal Vera dan Dian?

2. Banyak remaja saat ini yang gemar makanan kekinian seperti fried chicken, burger, hingga minuman bubble dan sebagainya yang dijual oleh resto-resto modern bermerek asing, dan merasa malu membeli makanan tradisional. Padahal para ahli kuliner dunia menyebut makanan kekinian itu junk food yang tidak sehat atau ‘makanan tidak sehat/kurang nutrisi’. Mereka sangat menghargai makanan tradisional karena masing-masing sangat khas. Menurut kalian, mengapa banyak remaja menyukai makanan tidak sehat tersebut? Sikap kalian sendiri bagaimana terhadap makanan tradisional yang dihargai para ahli kuliner dunia?

3. Refa berasal dari keluarga mampu. Teman-temannya juga banyak dari keluarga kaya. Untuk sepatu, baju, dan semua yang dipakai Refa dan kawan-kawannya harus serba mahal dan buatan luar negeri. Mereka berpendapat kalau barang mahal dan buatan luar negeri pasti bagus, maka mereka tidak mau membeli produk dalam negeri apalagi yang diproduksi dekat tempat tinggalnya sendiri. Bagaimana sikap kalian terhadap Refa dan kawan-kawannya itu?

Contoh soal Semester Genap BAB 6

1. Keluarga Andi termasuk keluarga mampu. Ayah dan ibunya bekerja. Ia hanya punya satu saudara, yaitu Lala adiknya. Andi dan Lala punya kamar sendiri di rumah mereka yang cukup besar. Ada asisten rumah tangga yang selalu membantu mereka, mulai dari merapikan tempat tidur, menyapu dan mengepel lantai, menyiapkan pakaian, menyiapkan makan, menata taman, dan banyak lainnya. Lalu asisten rumah tangga itu pamit pulang selama sebulan karena keluarganya sakit. Apa yang perlu dilakukan keluarga Andi?

2. Liburan sudah mendekat. Sekolah berencana untuk melakukan wisata bersama keluar kota. Seluruh siswa diharapkan dapat mengikuti tamasya tersebut agar terbangun kebersamaan bagi semua. Setiap siswa yang ingin ikut diminta membayar biaya wisata sesuai kebutuhan. Semuanya setuju. Tetapi beberapa orang siswa memilih tidak ikut karena tak mampu membayar biaya itu. Apa yang perlu dilakukan untuk kebaikan bersama?

3. Para remaja di suatu kompleks perumahan hendak menggelar pesta kesenian di lingkungannya. Setiap RT diminta mengirimkan wakilnya untuk menggelar acara tersebut. Bagaimana caranya agar panitianya tidak didominasi anak-anak tertentu saja, namun bisa melibatkan wakil dari seluruh remaja setempat?

perangkat ajar kurikulum merdeka pkn kelas VII

Bagi teman-teman guru yang membutuhkan referensi membuat perangkat ajar kurikulum merdeka pelajaran pkn jenjang SMP kelas VII, silahkan pilih sesuai kebutuhan.

🔗 Soal akm SMP tahun 2022/2023

🔗 ATP ppkn kurikulum Merdeka kelas 7 tahun 2022/2023

🔗 Modul Ajar ppkn kurikulum Merdeka kelas 7

🔗 Prota ppkn kelas 7 kurikulum Merdeka

🔗 Prosem ppkn kelas 7 kurikulum Merdeka

🔗 Analisis Alokasi waktu pkn kelas 7 kurikulum Merdeka

🔗 Contoh Jadwal kurikulum Merdeka SMP tahun 2022/2023

🔗 Contoh Asesmen kurikulum Merdeka tahun 2022/2023

🔗 Capaian Pembelajaran kurikulum Merdeka tahun 2022

🔗 BUku kurikulum Merdeka tahun 2022

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel