rangkuman materi bahasa indonesia kelas 7 semester 2 Kurikulum merdeka bab 5

Bismillah, apa kabar bapak/ibu guru bahasa indonesia kelas tujuh jenjang SMP/MTs yang kami banggakan. Semoga anda senantiasa dalam keadaan sehat walafiat. Baiklah menjelang pembelajaran ganjil dan genap bulan januari tahun 2022/2023, pada kesempatan baik ini guru-id berbagi rangkuman materi pelajaran matematika kelas VII bab ke lima kurikulum merdeka yang merupakan materi semester 2 (dua) sesuai buku paket kemendikbud terbitan 2022. nah pada kesempatan ini guru-id akan berbagi materi Membuka Gerbang Dunia , selanjutnya Bagi teman-teman guru yang membutuhkan referensi modul ajar silahkan download melalui tautan di akhir postingan ini.

Materi bahasa indonesia kelas 7 Kurikulum merdeka bab 5

Sobat guru bahasa indonesia jenjang SMP/MTs, sebelum menuju ringkasan materi bab VII berikut guru-id bagikan dulu materi dan tujuan pembelajaran (TP) semester 2 sebagai pengingat.

Tujuan Pembelajaran

Pada bab ini kalian berlatih menanggapi dan menganalisis beragam bacaan. Dengan membaca, menyimak, dan mendiskusikan bacaan fiksi, nonfiksi, serta bacaan bergambar, kalian akan belajar menyampaikan pendapat kalian tentang unsur-unsur dalam bacaan secara lisan dan tertulis.

Menganalisis Sajian Visual dalam Buku Bergambar


B. Mengenal Bagian-Bagian Buku

Sinopsis buku memberikan gambaran tentang isi buku. Bagian ini dapat membantu kalian memutuskan apakah sebuah buku sesuai dengan minat kalian.

2. Halaman hak cipta memuat informasi tentang:

a. Pembuat buku;

1) Penulis adalah orang yang menulis materi buku.

2) Ilustrator adalah orang yang merancang konsep gambar dan membuat ilustrasi buku.

3) Editor adalah orang yang memberi masukan kepada konsep naskah dan menyunting teks pada buku.

4) Desainer adalah orang yang merancang dan mengerjakan tata letak pada buku.

5) Anggota tim lain yang bertanggung jawab terhadap materi buku (misalnya penelaah, penanggung jawab, penyelia).

b.Informasi tentang penerbit, alamat fisik, dan alamat daring penerbit buku;

c. Informasi tentang hak cipta buku

3. Halaman daftar isi memuat daftar judul bab dalam buku.

4. Halaman penutup buku dapat terdiri atas referensi atau daftar rujukan, glosarium atau catatan, serta biodata pembuat buku


Bagian-Bagian Buku Fiksi dan Nonfiksi

Buku fiksi adalah buku yang memuat cerita rekaan atau khayalan. Buku Itam dan U merupakan contoh cerita fiksi.

Buku nonfiksi adalah buku yang berdasarkan fakta atau kenyataan. Berikut ini contoh-contohnya.

TUGAS

Temukan buku nonfiksi dan fiksi di perpustakaan sekolahmu. Bandingkan bagian-bagian kedua buku tersebut. Tuliskan temuanmu tentang perbedaan bagian-bagian tersebut pada tabel ini. Salah satu contoh perbandingannya telah diberikan untuk kalian.

C. Merangkum Buku

Kalian telah mengenal bagian-bagian sebuah buku. Selanjutnya, kalian akan diajak untuk memahami isi buku karena hal ini pun merupakan salah satu keterampilan yang penting. Isi buku yang telah kalian pahami dapat kalian sajikan ulang dalam bentuk yang lebih ringkas, ini disebut juga sebagai rangkuman.

Rangkuman bisa kalian dapatkan dengan cara membaca setiap bab dalam buku dengan saksama, lalu menemukan gagasan pokok atau halhal penting dalam bab tersebut. Untuk buku fiksi, gagasan pokok dapat ditemukan melalui peristiwa penting dalam alur cerita. Untuk buku nonfiksi, gagasan pokok dapat kalian temukan dengan cara menentukan ide pokok pada setiap paragraf atau hal-hal penting pada setiap bab. Setelah itu, kalian tinggal menyusun setiap gagasan utama tersebut ke dalam satu karangan

Membuat Peta Pikiran untuk Merangkum

Cara lain untuk membantu kalian merangkum adalah mencatat ide kalian selama membaca dalam peta pikiran. Peta pikiran akan membantu kalian merancang rangkuman. Kalian mungkin akan merasa bingung harus memulai dari mana, mencampurkan ide-ide, atau justru kehilangan ide pokok dari cerita. Dengan mengatur pikiran kalian secara visual, kalian dapat melihat semua gagasan pokok di depan mata dan bagaimana mereka saling terkait satu sama lain. Hal ini akan membantu kalian memahami isi cerita dan menulis rangkuman secara lebih cepat, tepat, dan efektif.

Bagaimana cara membuat peta pikiran? Sebenarnya, tidak ada aturan yang baku. Kalian dapat berkreasi sebebasnya dengan peta pikiran. Mulailah dengan judul buku atau topik tertentu. Lalu, buatlah garisgaris cabang setiap bab, poin-poin penting di dalamnya, dan keterkaitan mereka. Setelah selesai, kalian dapat melihat seberapa banyak kalian telah memahami isi sebuah buku atau topik tertentu

D. Menyajikan Tanggapan terhadap Buku

Kalian telah mempelajari bagian-bagian buku dan cara memahami isi buku melalui rangkuman. Kedua hal ini akan membantu kalian untuk:

1) mencari informasi terkait materi dalam buku dengan lebih cepat; misalnya, kalian dapat mencari arti kata tertentu dalam buku dengan memeriksa bagian glosarium di halaman penutup buku, dan tertulis kepada orang lain.

2)memberikan informasi pendukung saat kalian menyajikan buku tersebut secara lisan dan tertulis kepada orang lain.

Contoh Kalimat Menanggapi Buku



Teks Tanggapan

Teks tanggapan adalah teks yang berisi penilaian, ulasan, atau resensi terhadap suatu karya (film, buku, novel, drama, dan sebagainya) sehingga orang lain mengetahui kelebihan dan kekurangan karya tersebut. Teks tanggapan juga dikenal dengan resensi. Teks ini bertujuan menyampaikan pengalaman seseorang saat membaca atau menonton sebuah karya.

Membaca teks tanggapan bermanfaat bagi para pembaca buku atau penonton film. Kita dapat mengetahui buku-buku dan tayangan film yang baik dari perspektif pembaca dan pemirsa lain. Kalian dapat menelusuri resensi buku dalam media sosial dan komunitas pembaca buku, salah satunya www.goodreads.com. Kalian dapat mengetik judul buku yang ingin kalian baca di sana dan kalian segera dapat menemukan resensi yang ditulis oleh beberapa pembaca. Apabila kalian gemar memirsa tayangan video, laman YouTube juga menampilkan resensi buku-buku yang menarik.

Menganalisis Struktur Teks Tanggapan

Apabila kalian perhatikan, sebuah teks tanggapan buku memiliki struktur sebagai berikut:

1. konteks; yaitu bagian ini berisi tentang pengenalan buku yang akan ditanggapi,

2. deskripsi; berisi penjelasan lebih detail tentang isi buku, dari mulai ide cerita, alur, sampai tokoh-tokohnya,

3. penilaian; bagian ini berisi penilaian pribadi pembaca terhadap buku, termasuk di dalamnya kekurangan, kelebihan, dan saran untuk buku.

LEBIH LENGKAP:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel