rangkuman materi ipas semester 2 kelas 4 bab 6 Kurikulum merdeka

Bismillah, apa kabar bapak/ibu guru kelas empat jenjang SD/Mi yang kami banggakan. Semoga anda senantiasa dalam keadaan sehat walafiat. Baiklah menjelang pembelajaran ganjil dan genap bulan januari tahun 2022/2023, pada kesempatan baik ini guru-id berbagi rangkuman materi pelajaran ipas kelas IV bab ke enam kurikulum merdeka yang merupakan materi semester 2 (dua). nah pada kesempatan ini guru-id akan berbagi materi Indonesiaku Kaya Budaya , selanjutnya Bagi teman-teman guru yang membutuhkan referensi modul ajar silahkan download melalui tautan di akhir postingan ini.

Materi ipas kelas 4 Kurikulum merdeka Semester 2

Sobat guru ipas jenjang SMA/SMK, sebelum menuju ringkasan materi bab 6 berikut guru-id bagikan dulu materi dan tujuan pembelajaran (TP) semester 2 sebagai pengingat.

A. Keunikan Kebiasaan Masyarakat di Sekitarku

B. Kekayaan Budaya Indonesia

C. Manfaat Keberagaman dan Melestarikan Keberagaman Budaya

Tujuan Pembelajaran

1. Mendeskripsikan keragaman budaya dan kearifan lokal di daerahnya masing-masing.

2. Mengetahui manfaat dan pelestarian keragaman budaya di Indonesia

Batik adalah salah satu budaya Indonesia. Pada mulanya kegiatan membatik ini merupakan tradisi yang turun-temurun, sehingga kadang kala suatu motif dapat dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Batik merupakan kearifan lokal dan warisan budaya. Tidak hanya batik saja, masih banyak kearifan lokal dan warisan budaya yang kita miliki. Yuk, kita lihat Indonesia kita yang kaya budaya.

Kearifan lokal adalah nilai-nilai luhur yang berlaku dalam tata kehidupan masyarakat untuk melindungi dan mengolah lingkungan hidup secara lestari. Dapat berbentuk ritual atau upacara adat, kepercayaan, pengelolaan sumber daya alam, cara menanam, dan lain sebagainya. Bisa juga berupa hukum adat yang disepakati bersama.

Sebelum kalian mengenal warisan kebiasaan budaya di Indonesia, sebaiknya kita mengenal dahulu kebiasaan masyarakat di lingkungan terdekat kalian. Coba tanya kepada teman dan guru kalian kebiasaan yang dilakukan di keluarganya secara turun temurun. Lihatlah contoh pada tabel berikut lalu salin di buku kalian!

rangkuman materi ipas semester 2 kelas 4 bab 6

Jika kalian sudah mendapatkan informasi minimal dari 6 orang, presentasikan hasil wawancara kalian di depan kelas.

Kosa kata baru kearifan: kebijaksanaan
lokal: setempat
kearifan lokal: nilai setempat yang bersifat bijaksana

Tradisi Gotong Royong Memindahkan Rumah

Marakka’ Bola adalah tradisi memindahkan rumah secara gotong royong masyarakat Bugis Barru Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di tengah masyarakat Desa Lalabata, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru. Tradisi ini masih dilaksanakan sampai sekarang. Pemilik rumah dibantu oleh warga sekitar untuk memindahkan rumahnya dengan sukarela. Sekitar ratusan orang bahu-membahu mengangkat rumah. Tujuannya memindahkan rumah ini adalah agar terhindar dari bencana dan marabahaya. Ini budaya gotong royong yang masih hidup dan lestari di masyarakat. Bambu-bambu diikat di masing-masing tiang rumah sebagai alat bantu untuk mengangkat rumah. Bambu tersebut dipanggul bersama-sama agar mempermudah pemindahan rumah ini.

Setelah memindahkan rumah, warga yang membantu akan menyantap makanan yang telah siapkan pemilik rumah. Hal ini dianggap sebagai imbalan dan ucapan terima kasih kepada seluruh warga yang rela meluangkan waktu untuk membantu memindahkan rumah. Acara makan bersama ini merupakan bentuk ikatan silaturahmi yang erat antara warga.

Adapun contoh kearifan lokal yang lain di antaranya, yaitu:

● Produk khas masyarakat setempat yang digunakan sebagai hasil pertanian. Misalnya nasi tumpeng dengan berbagai lauk-pauk yang menjadi simbol ungkapan rasa syukur atas kebahagiaan.

● “Hutan Larangan Adat Kanagarian Rumbio”, dalam masyarakat di Kecamatan Kampar, Provinsi Riau. Kearifan lokal ini dibuat dengan tujuan untuk masyarakat sekitar bersama-sama melestarikan hutan di sana, di mana ada peraturan untuk tidak boleh menebang pohon di hutan tersebut dan akan dikenakan denda seperti beras 100 kg atau berupa uang sebesar Rp6.000.000,00 jika melanggar.

● Papua, terdapat kepercayaan te aro neweak lako (alam adalah aku). Gunung Erstberg dan Grasberg dipercaya sebagai kepala mama, tanah dianggap sebagai bagian dari hidup manusia. Pemanfaatan sumber daya alam pun dilakukan secara hati-hati.

1. Kearifan lokal adalah kebiasaan, perilaku, dan nilai-nilai baik yang diwariskan dari nenek moyang yang masih diterapkan di masyarakat.

2. Fungsi dan manfaat kearifan lokal adalah menjaga kelestarian sumber daya alam, pengembangan ilmu pengetahuan, sumber ilmu pengetahuan, mengembangkan sumber daya alam, memiliki aturan-aturan yang mengatur kehidupan masyarakat setempat.

Bentuk Keragaman Budaya di Indonesia

Kalian akan di bagi menjadi 6 kelompok dan mewakili salah satu dari 5 pulau besar (Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua) dan 1 pulau gabungan (Bali, NTB, dan NTT) di Indonesia. Setiap kelompok akan menggambar peta satu pulau di Indonesia.

Membuat Peta Keberagaman

1. Siapkan atlas dan buku literatur lainnya!

2. Baca dan cari tahu provinsi yang ada di pulau pilihan kelompok kalian.

3. Tulis dan cari tahu ragam budaya di setiap provinsi pada pulau tersebut yaitu, suku, bahasa, rumah adat, makanan khas, senjata tradisional, kesenian, dsb.

4. Gambarlah pulau dengan ukuran yang besar. Isilah peta dengan gambar ragam budaya sesuai daerahnya. Warnai agar lebih menarik.

5. Jika sudah selesai, gabungkan dengan kelompok yang lain sehingga menjadi peta keragaman Indonesia yang utuh.

6. Setiap kelompok akan mempresentasikan pulaunya dengan ragam budayanya.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010, terdapat 1340 suku bangsa yang ada di tanah air kita. Suku bangsa ini tersebar di berbagai pulau yang ada di Indonesia. Dalam satu pulau saja kita dapat menemukan lebih dari dua suku bangsa yang berbeda karakteristiknya. Tiap-tiap suku bangsa mempunyai ciri khas yang membedakan dengan suku bangsa yang lain. Ciri suku bangsa yang didasarkan atas ciri fisik disebut ras.

Beragam ras di Indonesia menjadikan masyarakat yang memiliki beraneka ragam suku bangsa, agama dan budaya. Sebagai masyarakat Indonesia yang baik, sudah seharusnya kita saling menghormati dan menghargai perbedaan yang ada di Indonesia. Jadi, setiap suku bangsa mempunyai ras masing-masing. Oleh karena itu, tercipta keragaman ras.

Membuat Puisi Keragaman Budaya

Buatlah puisi dengan tema keragaman budaya Indonesia dengan kriteria sebagai berikut.

1. diberi judul;

2. terdiri dari 2 bait puisi yang berisi masing masing bait 4 baris;

3. tulis dengan rapi dan hiaslah kertas yang berisi puisi dengan tema gambar keberagaman;

4. sajikan puisi kalian di depan kelas.

1. Keragaman budaya bisa berupa makanan khas, bahasa, baju adat, rumah tradisional, kesenian daerah, senjata tradisional, dan lain sebagainya.

2. Faktor penyebab keragaman di Indonesia adalah sebagai berikut:

a. kondisi kepulauan indonesia dan letak geografis;

b. pengaruh budaya yang dibawa bangsa lain;

c. perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi.

LEBIH LENGKAP:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel