Rangkuman Materi pjok kelas 10 Unit 6 Kurikulum Merdeka plus modul ajar

Bismillah, apa kabar bapak/ibu guru pjok kelas X yang kami banggakan. Semoga anda senantiasa dalam keadaan sehat walafiat. Baiklah menjelang pembelajaran ganjil dan genap bulan januari tahun 2022/2023, pada kesempatan baik ini ini guru-id berbagi rangkuman materi pelajaran kimia kelas sepuluh SMP/MTS yang terdiri dari 8 (delapan) bab pada kurikulum merdeka. nah pada kesempatan ini guru-id akan berbagai materi bab VI Atletik, selanjutnya Bagi teman-teman guru yang membutuhkan referensi silahkan simak portingan ini hingga akhir.

Materi pjok kelas 10 Kurikulum merdeka Semester 2

Sobat guru penjaskes jenjang SMA/SMK, sebelum menuju ringkasan materi berikut guru-id bagikan dulu materi dan tujuan pembelajaran (TP) semester 2 sebagai pengingat.

Atletik

Dalam unit pembelajaran ini guru mengarahkan agar siswa menguasai berbagai materi yang diajarkan untuk mengembangkan:

1. berbagai gerak dan teknik dasar atletik sebagai bagian dari aspek penguasaan keterampilan motorik pada level ‘mengevaluasi’.adapun materi yang dipelajari siswa meliputi keterampilan lari jarak pendek (sprint), lompat jauh, dan tolak peluru;

2. berbagai konsep teoritis dari keterampilan atletik, konsep pola gerak dan prinsip mekanika gerak yang mendasarinya, serta konsep pengembangan keterampilan mengevaluasi fungsi teknik dasarnya untuk meningkatkan performanya;

3. berbagai konsep dasar pengembangan kebugaran untuk meraih kesehatan, yang didasari oleh prinsip-prinsip pengembangan kapasitas fisik seperti prinsip fitt (frequency, intensity, time, type) melalui keterampilan atletik. dalam elemen ini pun, siswa diarahkan untuk menyadari bakat dan kelebihan serta kekurangannya, dan siswa mampu menghubungkan kelebihan dan kekurangan tersebut dalam manfaatnya secara fisik dan kesehatan;

4. karakter positif yang meliputi tanggung jawab pribadi, jujur, disiplin, patuh dan taat pada aturan, menghormati diri sendiri dan orang lain serta pengembangan tanggung jawab sosial seperti tol- eransi, peduli, empati, respek, gotong-royong, dan lain-lain. se- cara khusus, siswa diarahkan untuk mengembangkan dimensi kemandirian dari Profil Pelajar Pancasila (PPP) pada elemen kolaborasi dan sub elemen kerjasama, yaitu kompetensi “membangun tim dan mengelola kerjasama untuk mencapai tujuan bersama sesuai dengan target yang sudah ditentukan;

5. internasilasi nilai-nilai pribadi dan sosial dari elemen gerak sehingga siswa menyenangi aktivitas jasmani, terbiasa dan bersikap positif terhadap tantangan gerak dan beban fisik, membangun ke- riangan dan ketekunan serta mengembangkan sikap sosial lainnya.

Rangkuman materi pjok kelas X bab VI

Berikut rangkuman materi bab enam Atletik yang merupakan pembelajaran pada semester genap kurikulum merdeka

Lomba nomor lari dalam cabang olahraga atletik memasukkan lari jarak pendek sebagai salah satunya. Lari jarak pendek (sprint) terdiri atas beberapa nomor jarak, yaitu jarak 100 m, jarak 200 m, dan 400m. Nomor lari jarak pendek terutama jarak 100m, merupakan nomor lomba yang paling menarik dalam lomba atletik. Dalam nomor inilah biasanya turun jago-jago terbaik dunia untuk dinobatkan sebagai manusia tercepat di dunia

Secara teknis, pelaksanaan lari jarak pendek didasarkan pada beberapa teknik dasar, yaitu start, gerakan lari, dan saat melewati garis finish. Uraiannya sebagai berikut.

1. Start

Teknik start jongkok dibagi dalam tiga tahap pelaksanaan, yang untuk mudahnya disebut:

a. Tahap aba-aba “Bersedia” (On your Mark)

Dalam tahap ini, ada 3 macam cara penempatan kaki pada aba-aba “bersedia” ini.

1). bunch start (start pendek): ujung kaki belakang sejajar dengan tumit kaki depan (gambar 2.6.2).

2)medium start (start menengah): lutut dari kaki belakang (ketika diletakkan di tanah) sejajar dengan ujung kaki depan (gambar 2.6.3).

3) long start (start panjang): lutut dari kaki belakang ketika diletakkan di tanah sejajar dengan tumit dari kaki depan (gambar 2.6.4)

2. Gerakan Lari
3. Melewati Garis Finish

Dalam prakteknya, teknik melewati garis finish ada tiga macam sesuai dengan kebutuhan.

a. Shrug adalah mendorongkan kedua bahu ke depan dengan cara mencondongkan badannya sesaat melewati garis finish dan melempar kedua lengannya ke belakang bersamaan.

b. Lunge adalah memajukan salah satu bahu ke depan dengan cara memiringkan badannya sesaat, dan segera berlari normal kembali ketika sudah melewati garis finish.

Seperti dapat dilihat dari cara memperoleh jarak yang baik dalam lompat jauh, unsur pokok/teknik dasar yang menentukan lompat jauh ada empat (4) macam, yaitu:

a) awalan,
b) tolakan,
c) sikap melayang di udara, dan
d) mendarat.

Aktivitas Atletik: Tolak Peluru

Tolak Peluru adalah salah satu nomor lempar dalam Cabang Atletik, di samping nomor Lempar Lembing, Lempar Cakram, dan Lontar Martil. Disebut Tolak Peluru karena dilihat dari cara melempar alatnya lebih berupa gerak menolak, daripada gerak melempar atau melontar. Adapun benda yang dilempar adalah berupa peluru, yaitu benda dari besi dengan berat sekitar 4 hingga 7 kg, yang memiliki bentuk bulat bundar.

Secara teknis, gaya tolak peluru yang dikenal dewasa ini ada tiga macam, yaitu:

1. Gaya menyamping atau disebut juga gaya orthodox.

2. Gaya membelakang, lebih đikenal sebagai gaya 0’Brean.

3. Gaya berputar atau disebut sebagai gaya Barishnikov.

Teknik Dasar Tolak Peluru



a. Cara Memegang Peluru

Cara memegang peluru dapat dibedakan menjadi tiga jenis pegangan, yaitu:

1) Peluru diletakkan pada pangkal telapak tangan dengan jari-jari tangan merenggang. Jari kelingking sedikit ditekuk di samping peluru. Ibu jari dalam sikap wajar.

2) Peluru diletakkan pada pangkal telapak tangan, jari-jari merenggang memegang peluru. Jari kelingking simpan di samping peluru agak ke dalam.

3) Peluru diletakkan pada pangkal telapak tangan, keempat jari meregang serta memegangnya. Letakkan ibu jari lebih merenggang.

b. Cara meletakkan peluru

Setelah peluru dipegang dengan pegangan yang benar, letakkan peluru pada bahu, dengan sebagian peluru menempel pada leher antara tulang selangka dengan rahang bawah. Angkat siku sedikit ke atas hingga bagian bawah bahu terbuka membentuk sudut. Sandarkan leher pada pełuru yang dipegang.

c. Sikap Awal Tolakan

Setelah peluru diletakkan pada bahu dalam keadaan berdiri tegak, ambillah sikap awal untuk menolak. Adapun caranya sebagai berikut:

1) gaya menyamping (orthodox);

2) gaya membelakang (0’Brien).

d. Cara Menolakkan Peluru

Ketika sikap awal tolak tercapai, tolakan peluru bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1) Gaya Menyamping

Diawali dengan mengangkat kaki kiri ke atas, ketika kaki tersebut turun kembali, egera geserkan kaki kanan ke sebelah dalam lingkaran tempat kaki kiri sebelumnya berada. Dengan demikian, kaki kiri pun bergeser ke ujung lingkaran yang menyentuh balok penahan. Luruskan kaki kanan yang menahan berat badan dan bersamaan dengan itu segera memutar badan hingga menghadap arah lemparan, disusul dengan menolakkan peluru ke depan. Seluruh gerakan tersebut hendaknya merupakan suatu rangkaian gerak yang tak terputus dari mulai pergelangan kaki kanan, lutut, pinggul, punggung, bahu, tangan, hingga pergelangan tangan yang melecut.

2) Gaya Membelakang

Dengan membungkukan badan, angkatlah kaki kirí ke atas membentuk sikap pesawat udara (Airbus position). Kemudian bengkokkan kaki kanan dan badan membungkuk. Segera kaki kanan diluruskan dan bersamaan dengan kaki kanan bergeser cepat ke belakang dan badan diputar setengah lingkaran agar menghadap ke arah tolakan dan disusul dengan menolakkan peluru ke depan. Cara selanjutnya sama seperti pada gaya menyamping.

e. Sikap Akhir Tolakan

Ketika peluru lepas dari tangan dalam jangkauan yang jauh segera majukan kaki kanan ke arah kaki kiri dengan loncatan yang cepat dan kaki kiri segera diangkat dan dijulurkan ke belakang. Peristiwa pergantian kaki tersebut disebut reverse. Tangan kanan tetap terjulur jauh di depan dan lengan kiri disamping atau di belakang badan. Kesemua gerakan tadi, baik gerakan kaki maupun gerakan lengan dimaksudkan sebagai upaya mematahkan momentum ke depan dan memberi keseimbangan tubuh agar tidak terdorong ke depan melewati balok pembatas.

Rangkuman Materi pjok kelas 10 Unit 6

LEBIH LENGKAP:

LEBIH LENGKAP:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel