Download Program Kerja Perpustakaan 2019 Untuk SD SMP SMA SMK

Program Kerja Perpustakaan berisi program kegiatan di perpustakaan baik program jangka panjang, menengah maupun tahunan. Contoh yang admin bagikan ini bisa digunakan untuk jenjang SD, SMP , SMA dan SMK. Jika berminat silahkan download secara gratis melalui tautan dibawah.

Blog Guru-id akan berbagi Program kerja kepala perpustakaan Tahun 2019 dalam format word atau DOC Sehingga mempermudah pengeditan. Sebagaimana kita ketahui bersama, membaca adalah salah satu cara yang efektif untuk belajar. Dengan membaca semua orang akan mengetahui sesuatu hal yang tadinya tidak tahu. Bukankah ada istilah buku adalah jendela dunia. Bagi sesorang yang tidak suka jalan karena alasan sibuk atau tidak mempunyai budged yang cukup tidak perlu berkeliling dunia untuk mengetahui segalanya. seseorang hanya cukup bermodalkan buku dan kau akan tahu segala isi dunia. bukankah belum tentu orang suka traveling mengetahui segala hal mengenai tempat yang dia kunjungi karena mungkin tujuan seseorang traveling hanya untuk menghilangkan penat stress otaknya bukan untuk mengetahui sejarah tempat travelingnya.

Sejak memasuki dunia sekolah anak-anak telah diajarkan bagaimana caranya membaca dimulai dari mengenal huruf, mengeja dan menyambung huruf menjadi sebuah kata bahkan kalimat. bahkan terkadang orang tua terjun langsung berperan sebagai seorang guru di rumah atau. bahkan tidak segan-segan mendatangkan guru private ke rumah untuk mengajari anaknya membaca.

Salah satu fasilitas sekolah adalah menyediakan ruang khusus untuk siswa bebas membaca dan mencari informasi terkait pelajaran atau dunia pendidikan yang sering kita sebut ruang membaca atau perpustakaan. bahkan perpustakaan adalah fasilitas yang harus dimiliki sebuah sekolah karena fungsinya sebagai tempat penyimpanan berbagai buku pembelajaran yang akan menunjang kelancaran proses belajar siswa.

Para siswa bebas menggunakan fasilitas yang ada di dalam perpustakaan, bukan hanya buku tetapi media pembelajaran lainnya seperti globe, menonton dvd edukasi dan lainnya. sebebas apapun siswa di dalam perpustakaan namun siswa harus tetap mematuhi ketentuan dan peraturan yang ada di perpustakaan. misalnya:

  • Pengunjung dilarang merokok, makan, dan minum. sesuai dengan Permendikbud Nomor 64 Tahun 2015 Tentang Kawasan Tanpa Rokok Di Lingkungan Sekolah
  • Pengunjung dilarang menimbulkan suara gaduh/bising yang dapat mengganggu pengunjung lain.
  • Pengunjung harus menjaga kebersihan, kerapihan, dan kesopanan.
  • Pengunjung tidak diperbolehkan membawa barang yang tidak diperlukan seperti tas, jaket,dll.
  • Pengunjung dilarang merusak buku (merobek, melipat, mencorat-coret, atau mengotori bahan pustaka).

Untuk meningkatkan dan menjaga kualitas perpustakaan diperlukan kerjasama antara kepala perpustakaan, pustakawan, guru, dan siswa. Strategi-strategi dan pendataan perpustakaan semuanya tercantum dalam program kerja perpustakaan. yang berkewajiban membuat program kerja adalahkepala perpustakaan dan pustakawan yang tentunya terkadang mempunyai tugas ganda sebagai guru mata pelajaran. hal ini tentunya akan menambah daftar tugas yang harus dipersiapkan pada tahun pelajaran baru.

Pada posting kali ini blog guru-id akan akan membantu para kepala perpustakaan meringankan beban tugas dalam membuat program kerja perpustakaan :) artikel ini agar menjadi semakin bermanfaat dan berkah kiranya dibagikan kepada rekan-rekan yang lainnya yang sama membutuhkannya. Filenya nanti bisa di download melalui tautan yang kami sematkan dibawah

gambar cover program kerja perpustakaan sekolah

Sebelum membuat program perpustakaan ada baiknya kita perhatikan contoh salah satu program kerja perpustakaan SMP dibawah ini

Perpustakaan sebagai jantung sebuah lembaga pendidikan, sudah selayaknya mendapatkan porsi dan posisi yang strategis guna merealisasikan visi dan misi sekolah. Semua pihak, khususnya kepala sekolah harus memberi perhatian lebih akan eksistensi perpustakaan di sekolah, dan tidak lagi dianggap sebagai tempat menyimpan buku bekas, barang-barang tidak terpakai, bahkan tempat bermain. Hal ini tentu sangat ironis dan tidak mendidik, padahal di negara maju perpustakaan sekolah menjadi pusat guna mendukung aktivitas belajar mengajar yang begitu dimanfaatkan oleh para warga sekolahnya dengan sangat optimal, hal tersebut berbeda dengan kondisi di negara kita Indonesia.

Dari berbagai sudut pemikiran di atas, Perpustakaan SMPN 3 Rambang Dangku berupaya melakukan terobosan dan revitalisasi peran dan fungsi perpustakaan sekolah untuk mendukung program dan visi misi sekolah. Berbagai program dan terobosan yang direncanakan, diharapkan dapat memberi ruang yang lebih besar agar perpustakaan sekolah sebagai pusat pengetahuan (center of knowledge) dapat terealisasi secara optimal.

Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang tergabung pada sebuah sekolah, dikelola sepenuhnya oleh sekolah yang bersangkutan dengan tujuan usaha membantu sekolah untuk mencapai tujuan khusus sekolah dan tujuan pendidikan pada umumnya. Di samping itu dalam penjelasan Undang-undang Pendidikan Nasional kita, di sebutkan bahwa salah satu sumber belajar di sekolah yang amat penting tetapi bukan satu satunya adalah perpustakaan. Sebagai salah satu sumber belajar di sekolah perpustakaan membantu tercapainya misi dan visi sekolah tersebut. Mengingat pentingnya peran perpustakaan sekolah maka perlu adanya suatu pengelolaan atau manajemen yang tepat dan cepat sehingga fungsi perpustakaan sekolah benar-benar terwujud. Namun masalahnya sekarang pengelola perpustakaan yang memiliki pendidikan khusus perpustakaan masih sangat kurang, sehingga belum terwujudnya profesionalisme perpustakaan. Untuk itu perpustakaan sekolah perlu ditunjang oleh manajemen perpustakaan yang baik, guna mewujudkan manajemen yang baik maka diperlukan program kerja terarah yang nantinya dapat memaksimalkan dan mengoptimalkan kinerja perpustakaan sekolah SMPN 3 Rambang Dangku.

B. TUJUAN PROGRAM PERPUSTAKAAN

1. Tujuan Umum

Memaksimalkan dan mengoptimalkan kinerja perpustakaan untuk menjadi perpustakaan sekolah yang mampu mendukung visi dan misi sekolah secara umum serta sumber belajar warga sekolah guna mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah.

2. Tujuan Khusus

Menerapkan administrasi pustaka yang profesional dan akuntabel.

C. PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN SEKOLAH

Rencana kerja perpustakaan sekolah yang tertuang dalam program kerja perpustakaan secara umum akan mengacu pada tugas pokok perpustakaan sekolah, tujuan institusi, visi dan misi sekolah. Hal ini didasari oleh kepentingan bersama untuk menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien.

1. Program Jangka Pendek

Program jangka pendek ini tertuang dalam beberapa tahapan program yang nantinya akan diwujudkan dalam beberapa jenis kegiatan. Jenis program tersebut antara lain terdiri dari:

  1. Program pengadaan koleksi dan fasilitas perpustakaan,
  2. Pengelolaan bahan pustaka tahap pertama (I),
  3. Pengelolaan bahan pustaka tahap kedua (II),
  4. Perawatan dan pemeliharaan (maintenance) koleksi bahan pustaka,
  5. Sirkulasi bahan pustaka,
  6. Pemberian layanan prima bagi para pembaca,
  7. Peningkatan minat baca bagi warga sekolah,
  8. Pemeliharaan fasilitas perpustakaan,
  9. Pembagian dan pengembalian buku paket,
  10. Promosi perpustakaan, dan
  11. Pengikutsertaan perpustakaan sekolah dalam berbagai lomba.

2. Program Jangka Panjang

  1. Merealisasikan kualitas dan kuantitas buku minimal 4.000 judul dengan 6.000 eks pada tahun 2015.
  2. Terciptanya ruangan perpustakaan yang memadai, kondusif dan menyenangkan.
  3. Meningkatkan minat baca para siswa dengan memberikan bahan pustaka yang berkualitas dan sesuai dengan kurikulum siswa.

Untuk dokumen lengkap program kerja perpustakaan sekolah, silahkan download dibawah

1. Program Kerja Perpustakaan Sekolah SD.Doc - Klik Disini
2. Program Kerja Perpustakaan Sekolah SMP.Doc - Klik Disini
3. Program Kerja Perpustakaan Sekolah SMA.Doc - Klik Disini
4. Program Kerja Perpustakaan Sekolah SMK.Doc - Klik Disini

Demikian share program kerja kepala perpustakaan Sekolah Tahun 2019/2020. Semoga bermanfaat, berikutnya jika membutuhkan, maka download juga Program kerja Pembina Pramuka SD, SMP, SMA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel