Cara Sinkronisasi Dapodik 2021 Melalui Menu Tukar Pengguna

Guru-id.com - Rekan-rekan operator sekolah, Sebagaimana kita ketahui saat ini, aplikasi Dapodik versi 2021 semester ganjil sudah dirilis. beberapa perubahan dan perbaikan sudah di update melalui versi ini. Salah satunya adalah alur sinkronisasi yang hanya bisa dilakukan melalui akun kepala sekolah. jadi rekan-rekan jangan terkejut apabila di akun admin/operator sudah tidak ada lagi tombol sinkron karena memang fiturnya sudah di update.

gambar sinkron dapodik 2021

Sekedar saran, agar sebelum mengerjakan aplikaasi dapodik ini, rekan-rekan membaca terlebih dahulu panduan manualnya yang bisa di download melalui menu pusat unduhan dapodik sekolah anda. jika ingin langsung mengunduh silahkan download panduan aplikasi dapodik 2021 dengan cara klik TAUTAN INI.

Sesuai dengan judul posting, di laman ini penulis akan mencoba berbagi langkah-langkah mudah melakuan sinkronisasi aplikasi dapodik 2021 melalui akun kepala sekolah dengan memanfaatkan menu tuka pengguna. Bagi rekan-rekan yang sudah tahu cara ini silahkan abaikan saja artikel ini, karena artikel ini dikhususnya untuk rekan-rekan operator yang masih bingung baru atau pemula.

#langkah pertama - Pada Aplikasi Dapodik sekolah anda klik menu Pengaturan. Lalu di pojok kanan atas klik tombol "Tukar akses pengguna" seperti gambar yang rekan-rekan lihat di bawah ini.

gambar menu tukar pengguna di dapodik

#langkah kedua - Pada jendela Validasi yang muncul silahkan entrikan atau pastekan 10 Digit kode registrasi Dapodik sekolah anda, lalu klik tombol "OK".

gambar cara tukar pengguna dapodik

#langkah ketiga - Pada jendela "Tukar akses pengguna"pilih nama kepala sekolah kemudikan klik tombol "tukar pengguna' Tunggu proses sampai tampil di laman beranda kepala sekolah seperti penampakkan dibawah ini.

gambar tukar pengguna dapodik

#langkah keempat Pada akun kepala sekolah, silahkan lakukan sinkronisasi seperti biasanya, mulai dari klik tombol validasi, sampai ke proses sinkronisasi. .

#langkah kelima penjelasan detail : Begi 3 Step cara sinkronisasi pada aplikasi dapodik versi baru 2021. Setelah divalidasi klik tombol "Sinkronisasi".

#langkah keenam Pada lembar konfirmasi sinkronisasi baca terlebih dahulu petunjuk kemudian klik tombol Lanjut seperti penampakkan dibawah.

gambar cara sinkronisasi aplikasi dapodikdasmen 2020 b

#langkah ketujuh Pada step 2, klik tombol "konfirmasi isian dapodik" tapi sebelumnya silahkan buka tiap tiap items (mulai dari GTK, Pembelajaran, Peserta didik, Sarana prasarana, dan sekolah) lalu centang semua isian yang akan di sinkron pada kolom yang tersedia, Jangan lupa menyentang ya. terutama bersedia menerima BoS

Data inilah nantinya yang akan dikirim ke server pusat. Jika tidak dicentang maka data yang anda ubah, tidak akan masuk ke server sehingga tidak akan mengalami perubahan.

gambar cara sinkron dapodik 2020 b

#langkah kedelapan Berikutnya pada laman persetujuan pengiriman data klik tombol "lanjut sinkronisasi".

gambar 3 cara sinkron dapodik 2020 b

#langkah kesembilan - Pada jendela Pernyataan INtegritas Dapodik, untuk melanjutkan proses sinkronisasi silahkan klik tombol lanjut. selanjutnya pada konfirmasi sinkronisasi klik tombol "YA" kemudian klik tombol sinkronisasi

Tips

1. Jangan terkejut jika data kepala sekolah tidak ada lagi di menu GTK, karena sudah dipindahkan di menu tendik. (Perubahan versi 2021).

2. Agar sinkronisasi berhasil, pastikan Koneksi Internet stabil

3. Pastikan tidak ada lagi data Invalid pada dapodik anda

4. Sebelum data disinkron pastikan kepala sekolah mengecek terlebih dahulu kevalidan datanya

Akhirnya

Penulis cukupkan sampai disini dulu tutorial tentang dapodik 2021 ini, semoga bermanfaat ya khususnya rekan-rekan seperjuangan yang baru dalam tugas ini.

6 Responses to "Cara Sinkronisasi Dapodik 2021 Melalui Menu Tukar Pengguna"

  1. terimakasih byk, sangat sanagat bermanfaat, apalagi pada saat sekarang, lg pandemi corona yg mengharuskan kerja dr rumah, sedangkan leptop yg ada aplikasi dapodiknya ada di skolah, bisa utk memandu rekan yg dekat dg skolah untuk melakukan sinkronissasi, succes selalu

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel