(Lengkap) Soal PAT/PAS Online Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester Genap

Bismillah, Sebagai persiapan Kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT) atau PAS Genap 2022, guru-id mencoba berbagi referensi soal-soal Ujian Online untuk digunakan sebagai latihan siswa di rumah. Soal tersedia untuk kelas 1 sampai 6 dan dilengkapi fitur lihat skor nilai setelah pengerjaan.

SOAL PAT PAS online kelas 1 2 3 4 5 6

Tujuan guru-id membagikan soal daring ini karena Kebijakan baru Mendikbud tentang Sistem pembelajaran daring dari rumah tertuang dalam surat edaran mendikbud nomor 4 tahun 2020. Kini seluruh satuan pendidikan di Indonesia telah menonaktifkan sementara sistem pembelajaran di kelas dan menggantinya dengan Home learning. Tujuan dari kebijakan ini adalah salah satu preventif penularan COVID-19 atau lebih dikenal dengan CORONA.

Dengan keadaan sekarang ini guru juga harus kreatif memanfaatkan teknologi untuk menerapkan sistem pembelajaran daring. Salah satu sistem pembelajaran daring yang dirilis kemendikbud adalah rumah belajar kemendikbud. Tentu fasilitas ini bisa dimanfaatkan bapak dan ibu guru. Selain itu kemendikbud juga menjadwalkan pembelajaran daring yang bisa diiukuti oleh seluruh satuan pendidikan.

Namun untuk mengikuti sistem pembelajaran daring ini guru harus menggunakan aplikasi WEBEX (insya allah tutorialnya akan penulis publish secepatnya di laman ini). Masalah utama yang menjadi halangan untuk mengikuti sistem online pembelajaran ini adalah kepemilikan perangkat pendukung dan jaringan Internet. Kenyataanya masih banyak satuan pendidikan yang belum bisa menerapkan di lapangan.

Beberapa media (Situs) online gratis yang bisa digunakan dan direkomendasikn kemendikbud untuk penerapan sistem belajar online dirumah selmaa masa covid-19 diantaranya google classroom, rumah belajar kemendikbud, microsoft office 365, Zenius, WA web dan sebagainya.

Baca juga artikel tentang: 8 Situs Belajar Online Gratis Rekomendasi Kemdikbud

Sedangkan untuk tugas online seperti topik yang akan kita bahas sekarang, guru bisa memanfaatkan aplikasi pembuatan soal online gratis seperti Jotform, Google form, Office Form, Quizz, dan masih banyak lagi yang tidak bisa saya tuliskan satu persatu disini.

Sesuai judul Guru-id akan berbagi contoh tugas online untuk jenjang SD dari kelas 1 sampai kelas 6 yang dibuat menggunakan aplikasi google form. Pembuatannya sangat sederhana dan mudah dipahami. Dengan aplikasi ini guru bisa membuat tugas/Online dalam format pilihan ganda atau essay. Guru bisa memberikan Skor nilai pada tiap soal.

Guru juga bisa menyisipkan Soal dalam bentuk gambar, File, atau model AKM di aplikaasi ini. Guru bisa menambahkan kunci jawaban ditiap soal. dan bisa juga sih membuat soal degan batas waktu. Yang lebih memudahkan lagi guru juga bisa mencetak lembar jawaban siswa dalam format PDF dan mengetahui jumlah siswa yang telah membuat tugas.

Sistem memberikan tugas menggunakan Aplikasi Google form ini juga cukup mudah, Pertama guru bisa membuat terlebih dahulu grup WA Khusus Siswa. Kemudian guru tinggal membagikan link/Tautan Tugas Online ke dalam grup dan meminta siswa untuk mengerjakannya. Contoh tugas atau soal online yang dibuat lewat google form bisa dilihat melalui tautan dibawah ini

Baca juga Tutorial tentang: Tutorial Mudah Membuat Soal Online dengan Jotform

LATIHAN PAT ONLINE SD TAHUN 2022

# Tugas/Soal Online Kelas 1 Semester Genap (MULAI BELAJAR)

# Tugas/Soal Online Kelas 2 Semester Genap (MULAI BELAJAR)

# Tugas/Soal Online Kelas 3 Semester Genap (MULAI BELAJAR)

# Tugas/Soal Online Kelas 4 Semester Genap (MULAI BELAJAR)

# Tugas/Soal Online Kelas 5 Semester Genap (MULAI BELAJAR)

# Tugas/Soal Online Kelas 6 Semester Genap (MULAI BELAJAR)

# Tugas/Soal Online Materi COVID-19 (CORONA) (MULAI BELAJAR)

Bagi rekan-rekan guru yang ingin melihat jawaban siswa, Nilai (skor siswa) bisa bergabung di Grup WA Tugas Online Guru dengan cara klik TAUTAN BERIKUT.

Akhirnya

guru-id akhirkan informasi ini, dan penulis berharap Postingan ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat untuk masa pembelajaran online di rumah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel