Soal dan Jawaban Belajar di TVRI Selasa 5 Mei 2020

Guru-id.com - Mulai hari ini Selasa tanggal 5 Mei 2020 TVRI kembali akan menanyangkan Program belajar dari rumah. Kegiatan belajar ini akan dimulai dari pukul 08.00 sampai 10.30 WIB. materi yang ditayangkan bertujuan meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi siswa.

gambar soal TVRI 5 Mei 2020

Pada akhir Segmen akan ada soal-soal latihan untuk tugas dirumah bersama orangtua. Sesuai dengan panduan belajar yang telah dipublikasikn kemendikbud, Orangtua wajib mendampingi anaknya.

Kurang lebih 10 menit sebelum program ditayangkan, orang tua mengajak anak duduk bersama dengan sikap rileks dan menjelaskan sekilas tentang lamanya tayangan dan aktivitas yang akan dilakukan dengan anak saat dan/atau sesudah menyaksikan tayangan tersebut. Anak juga menyiapkan alat tulis.

orangtua juga bisa Berdiskusi dengan guru nya jika ada pertanyaan dan jawaban soal yang belum dipahami. Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yang disampaikan

SOAL TVRI 5 Mei 2020

Untuk mempermudah orangtua, Guru dan siswa belajar dari rumah bersama TVRI, berikut laman ini bagikan jadwal dan materi lengkap serta daftar pertanyaan yang akan tayang di TVRI.

Kelas 1 2 3

Pada hari senin, 5 mei 2020 mulai pukul 8:30 sampai 9:00 Siswa kelas 1 2 3 akan belajar di TVRI tentang materi Mengukur Berat Benda (pelajaran matematika)

Ada tiga kompetensi numerasi yang harus dikembangkan pada materi ini yaitu (1) Mengukur berat benda; (2) Membandingkan berat benda; (3) Menyelesaikan masalah terkait berat benda

Berikut daftar pertanyaan/soal KELAS 1 2 3 diakhir segmen sebagai tugas di rumah untuk siswa.

Soal

1. Buktikan bahwa berat 2 piring yang sama bahannya, namun berbeda ukuran, akan berbeda beratnya!

2. Ukurlah berat 3 alat dapur di rumahmu, lalu urutkan dari yang paling berat! Caranya, siapkan gantungan baju dan kantong plastik di masing-masing ujungnya. Masukkan 1 alat dapur ke salah satu kantong plastik dan benda lain, sebagai alat ukur, ke kantong plastik lainnya. Lakukan bergantian untuk ketiga alat dapur yang kamu pilih sehingga kamu bisa mengurutkan beratnya.

3. Berat sebuah mangga sama dengan berat dua buah apel yang sama besar. Jika berat mangga 30 ons, berapa ons berat sebuah apel?

LIHAT JAWABAN SOAL-SOAL DITAS DENGAN CARA KLIK (SELENGKAPNYA)


Kelas 4 5 6

Pada hari Selasa, 5 mei 2020 mulai pukul 9:00 sampai 9:30 TVRI Akan menayangkan Materi untuk kelas 4 5 6 yaitu Gaya dan Sifat-Sifatnya

Ada dua kompetensi literasi yang harus dikembangkan pada materi ini pertama Memahami paparan lisan tentang topik yang dikenali, mengidentifikasi ide pokok dan beberapa ide rinci dalam paparan tersebut, menjelaskan kembali dan menanggapi menggunakan pengetahuannya

Kedua Menulis esai pendek untuk menggambarkan pengamatan dan pengalaman dengan lebih terstruktur

Berikut daftar pertanyaan/soal KELAS 4 5 6 diakhir segmen sebagai tugas di rumah untuk siswa.

SOAL

1. Jelaskan 3 contoh aktivitas kalian yang menggunakan sifat gaya ketika membantu ibu di rumah!

2. Lakukan percobaan! Jatuhkan dua buah batu dengan ukuran berbeda secara bersamaan dari ketinggian yang sama. Apa yang akan terjadi ? Tuliskan hasil percobaanmu!

3. Tuliskan pengamatanmu dalam bentuk laporan sederhana terhadap percobaan Menara Mur Hexagonal!

4. Mengapa kita dapat mendengar gaung dan gema? Jelaskan perbedaan keduanya melalui ilustrasi berupa perbedaan dimensi ruangnya!

LIHAT JAWABAN SOAL-SOAL DITAS DENGAN CARA KLIK (SELENGKAPNYA)


SMP/MTs

Pada hari Selasa, 5 mei 2020 mulai pukul 9:30 sampai 10:00 TVRI Akan menayangkan Materi pelajaran matematika SMP/Mts tentang Persamaan dan Pertidaksamaan Linear

Dua kompetensi Numerasi yang harus dikembangkan pada materi ini pertama Membuat dan menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

Kedua Menentukan nilai variabel persamaan linear dua variabel dalam konteks nyata Mempresentasikan pendapat secara lisan dengan argumen yang dapat dipertanggungjawabkan

Berikut daftar pertanyaan/soal SMP di TVRI diakhir segmen sebagai tugas di rumah untuk siswa.

SOAL

1. Suatu perlombaan sepeda santai diikuti oleh 9.000 orang. Panitia akan menyediakan 125 hadiah yang terdiri dari sepatu olahraga seharga Rp 500.000,00 per pasang dan jaket seharga Rp 200.000,00 per jaket. Panitia menyediakan dana sebesar Rp 37.000.000,00 untuk membeli semua hadiah.

Ketua panitia mengatakah bahwa jika panitia hanya membeli 40 pasang sepatu olahraga, maka panitia hanya bisa membeli kurang dari 80 jaket sebagai hadiah.

Apakah kamu setuju dengan pernyataan ketua panitia tersebut? Jelaskan alasanmu!

2. Sebuah mobil boks memiliki kapasitas total angkut 1.930 kg. Berat supir 70 kg dan berat kernetnya 60 kg. Supir mengatakan bahwa mobil dapat mengangkut lebih dari 45 kotak barang yang berat tiap kotaknya 40 kg untuk sekali pengangkutan. Apakah kamu setuju dengan pernyataan supir tersebut?

3. Lima tahun yang lalu umur Dedi 7 kali umur Andi, sedangkan 20 tahun yang akan datang umur Dedi 2 kali umur Andi. Benarkah sekarang umur Dedi lebih tua 30 tahun dari umur Andi? Tunjukkan perhitunganmu!

LIHAT JAWABAN SOAL-SOAL DITAS DENGAN CARA KLIK (SELENGKAPNYA)


SMA/SMK

Pada hari selasa, 5 mei 2020 mulai pukul 10:03 sampai 10:30 TVRI Akan menayangkan Materi pelajaran matematika SMA/SMK tentang Sketsa Grafik Fungsi Kuadrat. Adapun kompetensi numerasi yang harus dikembangkan pada materi ini adalah Memodelkan fenomena hubungan antara dua besaran dengan menggunakan fungsi kuadrat

Berikut daftar pertanyaan/soal SMA di TVRI diakhir segmen sebagai tugas di rumah untuk siswa.

SOAL

1. Diketahui fungsi y = x2– 4x + 3 Tentukan:

a. Titik potong kurva fungsi dengan sumbu-sumbu koordinat

b. 2. Gambar sketsa grafik fungsi berikut:
y = -(x-3)2 + 1

LIHAT JAWABAN SOAL-SOAL DITAS DENGAN CARA KLIK (SELENGKAPNYA)


Soal online kelas 1 2 3 4 5 6

LINK Tugas Online Matematika SD

Akhirnya

Penulis akhirkan informasi ini, dan penulis berharap jawaban diatas menjadi manfaat untuk belajar hari selasa 6 mei 2020.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel