tips lulus tes pppk guru Tahap 2 dari Pejabat Kemendikbud

Pelaksanaan tes kompetensi guru ASN-PPPK tahap 2 akan berlangsung pada bulan Desember mendatang. Seberapa siapkah anda menghadapi soal-soal ujian kemampuan teknis yang kabarnya memiliki tingkat kesulitan tinggi?

Sahabat guru-id, melalui diskusi Guru Belajar dan Berbagi-Sukses Seleksi ASN PPPK yang ditayangkan melalui kanal youtube ditjen gtk kemendikbudristek beberapa hari lalu, ternyata ada tips penting yang harus diterapkan oleh guru honorer yang akan berjuang pada seleksi PPPK tahap 2 mendatang.

Apa tips pentingnya? tentu saja tips mencapai bahkan melampaui nilai ambang batas seleksi Kompetensi guru PPPK. Adapun tips ini dibagikan oleh Ketiga guru honorer yang berhasil lulus seleksi PPPK Guru tahap 1. Jika berminat untuk mencoba tips berikut, mari membaca postingan ini hingga akhir.

Tiga guru ini membagikan Tips Lulus Seleksi PPPK Guru

gambar TIPS LULUS
SELEKSI PPPK TAHAP 2

Melalui postingan singkat ini guru-id akan meneruskan informasi dari ketiga guru yang mau berbagi pengalaman sehingga mereka bisa melampaui nilai ambang batas. Siapa saja ketiga guru ini?

1. Tips Dari Bapak Amri Saputra

Bapak Amri Saputra merupakan salah satu Guru dari SLB Negeri Kota Langsa Provinsi Aceh yang lulus seleksi Kompetensi PPPK Tahap 1. Berikut beberapa tips dari beliau untuk teman-teman Guru Honorer.

1. Beliau mengingatkan Harus elalu optimis dan percaya diri bisa lolos dari persaingan yang begitu ketat di seleksi guru PPPK ini selalu ditanamkan dalam dirinya. Sehingga dirinya pun selalu semangat untuk belajar dan bersiap menghadapi ujian

2. Peserta Tes Seleksi Kompetensi harus selalu menjaga fisik dan mental. Jangan lupa istirahat dan tidur yang cukup

3. Berdasarkan pengalaman Pak Amri, beliau intens melakukan latihan kecepatan membaca sehingga dia pun dengan tenang dan mampu menguasai soal serta menjawabnya dengan cepat untuk meraih passing grade tinggi. Alasan beliau, “Akselerasi membaca saya latih karena terkait dengan time management. Jika time managemen ini bagus kita akan terhindar dari stres ketika menjawab soal dan tidak takut kehabisan waktu,"

4. Tips ini juga sangat penting dan utama, beliau menyarankan agar pejuang NIP PPPK mencari berbagai referensi soal-soal dengan materi high order thinking skill (HOTS). Contohnya soal-soal Ujian PPG, ujarnya.

2. Tips Dari Ibu Siti Ratma Suryani

Ibu Siti Ratma Suryani merupakan salah satu Guru dari SMPN 5 Lingsar Lombok Barat, NTB yang lulus seleksi Kompetensi PPPK Tahap 1. Berikut beberapa tips dari beliau untuk teman-teman Guru Honorer.

1. Pastikan pelamar yang ikut punya tekad dan kuat untuk menjadi ASN sehingga akan lebih termotivasi untuk berjuang lebih sungguh-sungguh.

2. Jika teman-teman guru honorer mengajar di SMP, maka perbanyaklah membaca materi yang ada di buku paket kelas 7 8 dan 9 beserta latihan soal. Beliau sendiri banyak latihan soal dengan membaca buku-buku IPS kelas 7,8 dan 9 sehingga dia akan mendapat pengetahuan yang luas dalam menjawab soal ujian

3. Perbanyak latihan soal-soal pedagogi dan profesional. Selanjutnya untuk menjawab soal-soal ujian yang berbentuk pedagogi dia mengaku banyak belajar dari internet, YouTube dan juga mencari contoh soal di Google. “Saya mencari penjelasan dan pembahasan tentang soal-soal (pedagogi) tersebut

4. beliau banyak Mengikuti latihan try out soal, dia pun bisa mengetahui berapa soal yang dia jawab betul dan skor yang didapat. Sehingga dia pun mengetahui kemampuannya dari membaca dan melatih menjawab pada try out itu.

5. Perbanyak membaca kisi-kisi soal dari Info GTK Kemendikbudristek. Soal-soal itu dia fotokopi karena dia mengaku sulit membaca materi melalui layar ponsel. “Sewaktu mau ujian saya lebih rutin lagi membaca, berdoa dan bermunajat,

3. Tips Dari Bapak Ade Taufik Kurniawan

Bapak Ade Taufik Kurniawan merupakan salah satu Guru dari SMAN 1 Pamijahan kabupaten Bogor, Jawa Barat yang lulus seleksi Kompetensi PPPK Tahap 1. Berikut beberapa tips dari beliau untuk teman-teman Guru Honorer.

1. Selalu menanamkan sikap optimis agar bisa lulus Seleksi. beliau mengaku mengaku menanamkan sikap optimis dalam dirinya karena seleksi PPPK ini satu-satunya kesempatan karena jika dilihat dari usianya yang sudah lebih dari 35 tahun dia tidak bisa mengikuti seleksi CPNS

2. Kemudian saya banyak belajar, belajar dan terus belajar karena guru harus terus belajar mengembangkan diri

3. Dirinya juga sering berkolaborasi dengan rekan-rekannya untuk belajar bersama dan membahas soal. Ade juga mengaku sering membaca buku-buku yang terkait dengan mata pelajaran yang diampunya di perpustakaan

Tips terakhir dari beliau, memperkaya literasi yang sesuai dengan kompetensi pedagogi dan juga kompetensi social dan juga berbagai studi kasus untuk memperluas pengetahuannya. “Yang paling menarik bagaimana kita latihan membaca soal dan kita lihat inti soal itu. Prinsipnya kita lihat kata kunci dari soal-soal itu,”

Informasi PPPK Terbaru

👉 CEK LOKASI UJIAN GURU PPPK TAHAP 1 SESUAI DAERAH MASING-MASING (Baca disini)

👉 Tahun 2022 Ada Formasi ASN-PPPK untuk Tenaga Kependidikan (BACA DETAILNYA..)

👉 Syarat dan cara mendafatar PPPK tahap 2 (BACA LEBIH LANJUT)

👉 Cara Mengisi Daftar Riwayat Hidup di sscasn (LIHAT DISINI)

👉 CEK FORMASI KOSONG PERSIAPAN SELEKSI PPPK TAHAP 2 (LIHAT DISINI)

👉 Ringkasan Materi Soal Kompetensi Teknis Formasi Guru Kelas SD (LIHAT DISINI)

👉 DOWNLOAD DAFTAR NILAI HASIL SELEKSI PPPK TAHAP 1 (LIHAT DISINI)

👉 BERGABUNG DENGAN GRUP PPPK GURU DI TELEGRAM (GABUNG GRUP DISINI)

👉 LATIHAN SOAL-SOAL TES KOMPETENSI PPPK GURU TAHAP 2 (MULAI LATIHAN)

👉 Dokumen yang disiapkan guru yang Lolos Seleksi PPPK Guru Tahap 1 (BACA DISINI)

👉 Besaran gaji guru honorer yang Lolos Seleksi PPPK Guru Tahap 1 (BACA DISINI)

👉 Link cek informasi kelulusan PPPK Guru Tahap 1 Tahun 2021, (SIMPAN FILE)

👉 UNDUH NILAI PASSING GRADE KepmenPAN RB 1169 Tahun 2021, (SIMPAN FILE)

👉 UNDUH FILE PDF KepmenPAN RB 1169 Tahun 2021, (SIMPAN FILE)

👉 Penjelasan Passing grade kategori 1 2 dan 3, (Baca disini)

Terima kasih telah berkunjung dan membaca informasi di blog guru-id.com, Semoga bermanfaat dan memberikan tambahan wawasan. salam edukasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel