Contoh Soal AKM PKN SMP kelas 7 8 9 Terbaru

Sobat guru PPKN Jenjang SMP/Mts, Sebagai persiapan Awal pelaksanaan ANBK Tahun pelajaran 2021/2022, maka Pada postingan kali ini guru-id akan berbagi contoh soal akm sebagai referensi untuk penyusunan Soal PKN model AKM dengan materi literasi dan numerasi. Diharapkan beberapa contoh soal akm yang disajikan melalui laman ini dapat menjadi bahan belajar dalam mempermudah penyusunan soal-soal Asesmen Kompetensi Minimum.

Berdasarkan modelnya, Soal AKM terdiri dari tiga materi utama yakni, Literasi, numerasi dan survei karakter. Salah satu ciri soal akm adalah adanya wacana atau stimulus dan jawabannnya terdapat dalam wacana tersebut.

Namun, Pada postingan kali ini laman guru-id berbagi soal Akm PKN SMP sesui kompetensi dasar (KD) yang bisa dijadikan uji coba referensi penyusunan Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Tahun pelajaran 2021/2022. Semoga contoh soal yang guru-id sajikan menjadi penambah wawasan pendidik yang mengunjungi blog ini.

Contoh Soal AKM PPKN

gambar contoh soal akm pkn smp terbaru

Langsung saja. Berikut ini disajikan contoh soal ppkn model akm bentuk Pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, Menjodohkan, Essay dan Uraian sebagai referensi



Soal

"Fakta sejarah di atas yang menguraikan tentang dilaksanakannya Sidang BPUPKI dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia mendapatkan dukungan dari Pemerintahan Jepang dengan alasan utama ...."

A. Mr. Soepomo, Ir. Soekarno, dan Mr. Moh. Yamin. Agenda sidang pertama ini adalah membahas tentang rumusan dasar Negara Indonesia merdeka

B. pasukan Sekutu yang dipimpin Amerika Serikat berhasil menjatuhkan bom di kota Hiroshima dan Nagasaki

C. BPUPKI diketuai oleh Dr. KRT Radjiman Wedyodiningrat dan ketua muda Raden Pandji Soeroso dan Ichibangase Yosio

D. pemerintahan Jepang menghadapi kesulitan dalam menghadapi perang dunia yang terus-menerus mengalami kekalahan

Level Soal/ Level Kognitif: L-1/C-2
stimulus

"Salah satu usulan dasar negara dalam Sidang BPUPKI pada tanggal 29 Mei-1 Juni 1945 antara lain:"

1. Kebangsaan Indonesia
2. Internasionalisme atau peri kemanusiaan
3. Mufakat atau demokrasi
4. Kesejahteraan sosial
5. Ketuhanan yang berkebudayaan

Soal:

Rumusan usulan dasar negara dalam Sidang BPUPKI di atas adalah rumusan yang diusulkan oleh . . .

A. Ir. Soekarno
B. Mr. Moh Yamin
C. Mr. Soepomo

D. Drs. Mohammad Hatta

Soal:

"Dengan adanya tawuran pelajar sebagaimana yang terjadi di Kota Semarang, maka peserta didik dari SMK dapat melakukan instropensi diri dalam upaya mempertahankan persatuan bangsa dengan menyadari, bahwa ...."

A. kasus tawuran pelajar melibatkan banyak pihak, seperti polisi, pelajar, kepada sekolah, guru, dan orang tua

B. peserta didik menjalankan fungsinya sebagai pelajar dengan mengutamakan prestasi belajar

C. tawuran pelajar dapat berakibat pada seseorang untuk dikenakan tuntutan hukum dan sanksi pidana

D. membuat malu sekolah, guru, kepala sekolah, orang tua, dan merusak masa depan dirinya


Contoh Butir Soal Benar Salah

Petunjuk Soal:

Berilah tanda silang (X) pada huruf B jika pernyataan soal itu benar atau pada huruf S jika pernyataan soal itu salah



Contoh soal menjodohkan

gambar Contoh soal menjodohkan


Petunjuk Soal:

Jelaskan soal di bawah ini dengan jelas!

Contoh Butir Soal Uraian Nomor 1



Stimulus Soal:

Perhatikan tabel data Persentase Tenaga Kerja Formal Menurut Daerah Tempat Tinggal (Persen) di bawah ini.

Soal

"Mengapa jumlah tenaga kerja di wilayah pedesaan mengalami krisis?Apakah tindakan migrasi tenaga kerja dari desa ke kota dapat dibenarkan untuk mengusahakan kesejahteraan diri dan keluarganya sejalan dengan praktik sila kelima Pancasila, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia?"

Contoh Butir Soal Uraian Nomor 2



Stimulus Soal:

Pokok Pikran ketiga Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan “Pokok yang ketiga yang terkandung dalam "pembukaan" ialah negara yang berkedaulatan Rakyat, berdasar atas kerakyatan dan permusyawaratan perwakilan. Oleh karena itu sistim negara yang terbentuk dalam Undang-undang Dasar harus berdasar atas kedaulatan Rakyat dan berdasar atas permusyawaratan perwakilan. Memang aliran ini sesuai dengan sifat masyarakat Indonesia”, yang sejalan dengan sila keempat Pancasila, yakni “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam Permusyawatan/Perwakilan”.

Soal:

"Pokok Pikran ketiga Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945yang sejalan dengan sila keempat Pancasilasesuai dengan sifat masyarakat Indonesia dalam menyelesaikan masalah bersama dilakukan memalui permusyawaratan. Tunjukkan tiga kegiatan pelaksanaan permusyawaratan yang kalian lakukan di sekolah!"

Selanjutnya untuk mendapatkan file lengkap kisi-kisi soal, kunci jawaban dan pembahasan serta rublik penilaian dan pedoman penskoran Soal-soal AKM diatas, teman-teman bisa menghubungi admin melalui tautan link dibawah ini.

Terima kasih telah berkunjung dan membaca informasi di blog guru-id.com, Semoga bermanfaat dan memberikan tambahan wawasan. salam edukasi.

0 Response to "Contoh Soal AKM PKN SMP kelas 7 8 9 Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel