Lapor Diri PPG 2022 | Ini Berkas serta Persyaratan yang harus disiapkan

Bismillah, Pada kesempatan kali ini guru-id akan kembali berbagi informasi seputar berkas dan syarat atau dokumen lapor diri ppg dalam jabatan tahun 2022 yang perlu diketahui oleh calon peserta yang lulus tahap seleksi administrasi. Lebih lengkapnya berikut guru-id tuliskan.

berkas lapor diri ppg 2022
1. Scan asli Format A1 (format diunduh dari SIMPKB) Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen (FormatA1_Nama_NoUKG_BidangStudiPPG_AsalSekolah).

2. Scan asli Pakta Integritas (format diunduh dari SIMPKB) Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen (PaktaIntegritas_Nama_NoUKG_BidangStudiPPG_PaktaIntegritas_AsalSekolah).

3. Contoh Biodata Mahasiswa, sesuai format PD DIKTI yang akan di input ke dalam sistem lapor diri.

4. Scan asli Surat Pernyataan Ijik Kepala Sekolah (format diunduh dari SIMPKB), Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen (SuratIzin_Nama_NoUKG_BidangStudiPPG_AsalSekolah).

5. Scan asli Ijazah S1, Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen (IJAZAHS1_Nama_NoUKG_BidangStudiPPG_AsalSekolah).

6. Scan asli Transkrip Nilai, Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen (TRANSKRIPS1_Nama_NoUKG_BidangStudiPPG_AsalSekolah).

7. Scan asli Kartu Identitas (KTP), Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen (KTP_NIK_Nama_NoUKG_BidangStudiPPG_AsalSekolah).

8. Scan Pas Foto Berwarna :
  • Foto terbaru, berwarna latar merah / background merah.
  • Foto dengan kualitas baik, resolusi tinggi (tidak pecah-pecah, bukan menggunakan foto lama yang sudah ada), disarankan untuk tidak menggunaknan kamera handphone).
  • Foto berukuran 4 x 6
  • Tipe file JPG maksimal 1 MB
  • Pakaian bagi Laki-Laki : Berjas formal gelap (Hitam), berdasi, kemeja putih dan tidak berpeci. Nama file foto (PasFoto_NAMA_NoUKG_BidangStudiPPG_AsalSekolah).
  • Pakaian bagi Perempuan : Berjas formal atau blazer gelap (Hitam), jilbab putih dan kemeja putih. Nama file foto (PasFoto_NAMA_NoUKG_BidangStudiPPG_AsalSekolah).


9. Scan Asli SKCK (Polres / Polsek), Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen (SKCK_Nama_NoUKG_BidangStudiPPG_AsalSekolah).

10. Scan Asli Surat Keterangan Sehat (dari Puskesmas / RSUD setempat) Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen (SUKET_Nama_NoUKG_BidangStudiPPG_AsalSekolah).

11. Scan Asli Bebas NAPZA (dari BNN / Kepolisisan / Puskesmas / RSUD setempat), Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen (NAPZA_Nama_NoUKG_BidangStudiPPG_AsalSekolah).

12. Scan Asli NPWP (bagi yang memiliki), Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen (NPWP_Nama_NoUKG_BidangStudiPPG_AsalSekolah).

13. Scan Asli Surat Pernyataan Pembuatan Virtual Account (VA), Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen (VA_Nama_NoUKG_BidangStudiPPG_AsalSekolah).

14. Scan Asli SK Kepegawaian, Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen (SKKepegawaian_Nama_NoUKG_BidangStudiPPG_AsalSekolah).


Catatan :
  • Data yang kosong atau salah pada format A1 dan Pakta Integritas. Perlu diketahui bahwa data tersebut langsung dari Pusat bukan dari LPTK. Data yang kosong dapat ditambahkan seara manual. Data yang salah bisa dibetulkan dengan cara dicoret, diparaf lalu dibetulkan agar tetap terlihat data sebelumnya.
  • SK Kepegawaian terakhir bagi guru honorer berasal dari SK dari Bupati / Provinsi /Dinas Pendidikan / Kepala Sekolah yang apabila dirasa kurang, bisa ditambah dengan SK pembagian tugas sekolah terakhir (untuk mengurangi ukuran file, bisa dilampirkan hanya lembar awal, lembar yang ada nama Bapak / Ibu, dan halaman pengesahan). Bagi guru PNS atau Guru Tetap Yayasan sudah jelas.
  • No UKG dapat dilihat pada format A1 yang dapat diunduh pada laman SIMPKB.
  • Ijin Kepala Sekolah bagi guru yang sudah pindah sekolah / mutasi (dengan syarat masih dalam lingkungan Kemendikbud) dimintakan kepada Kepala Sekolah yang baru dengan pembetulan data seperti di atas.
  • Selalu mengingat username dan password yang digunakan masuk SIMPKB. Pelaksanaan PPG akan selalu menggunakan username dan password tersebut. (username dan password yang dimaksud sama dengan yang digunakan untuk login mencetak format A1 dan Pakta Integritas).


Yuk Daftar: Try out pretest ppg gratis bersama guru-id

Lihat juga: Jadwal Pendaftaran PPG kemenag 2022

Pelajari juga: Cara mengisi data linieritas ppg daljab 2022

Download : Kisi-kisi Tes potensi akademik ppg 2022

Lihat juga : Latihan Soal Tes Potensi Akademik PPG 2022

Unduh juga : Bank soal ppg sd smp sma semua mapel



Unduh : surat edaran pdf

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel