Rangkuman Materi bahasa indonesia kelas 10 bab 6 Kurikulum Merdeka

Bismillah, apa kabar bapak/ibu guru bahasa indonesia kelas X yang kami banggakan. Semoga anda senantiasa dalam keadaan sehat walafiat. Baiklah menjelang pembelajaran ganjil dan genap bulan januari tahun 2022/2023, pada kesempatan baik ini ini guru-id berbagi rangkuman materi pelajaran bahasa indonesia kelas sepuluh SMP/MTS yang terdiri dari 6 (enam) bab pada kurikulum merdeka. nah pada kesempatan ini guru-id akan berbagai materi bab VI, selanjutnya Bagi teman-teman guru yang membutuhkan referensi silahkan simak portingan ini hingga akhir.

Materi bahasa indonesia kelas 10 Kurikulum merdeka Semester 2

Sobat guru bahasa indonesia jenjang SMA/SMK, sebelum menuju ringkasan materi berikut guru-id bagikan dulu materi dan tujuan pembelajaran (TP) semester 2 sebagai pengingat.

Bab 6 Berkarya dan Berekspresi Melalui Puisi

10.1 Memahami diksi dalam teks puisi yang dibacakan dengan kritis dan reflektif

10.2 Memahami teks diskusi dan menilai efektivitas pemilihan kata/diksi, pengaturan rima, dan tampilan tipografi dalam mendukung makna dan amanat puisi

10.3 Mengidentifikasi tema dan suasana untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks puisi

10.4 Menulis tanggapan terhadap antologi puisi secara logis dan kritis yang dalam bentuk resensi buku

Rangkuman materi bahasa indonesia kelas X bab 6

Berikut rangkuman materi bab enam Berkarya dan Berekspresi Melalui Puisi yang merupakan pembelajaran pada semester genap kurikulum merdeka

Rangkuman Materi bahasa indonesia kelas 10 bab 6
Memahami Teks Diskusi dan Menilai Efektivitas Diksi, Rima, dan Tipografi dalam Teks Puisi

Puisi memiliki berbaagai macam jenis. Berdasarkan kurun waktunya, dikenal puisi lama (mantra, karmina, gurindam, pantun, puisi, gurindam, syair, talibun, dll) dan puisi baru yang bentuknya tidak lagi terikat seperti puisi lama (balada, elegi, epigram, himne, ode, satire, dll). Berdasarkan isi puisinya dikenal pula jenis puisi naratif, puisi deskriptif, puisi lirik, dan lain sebagainya. Bahkan, belum lama ini, muncul jenis puisi esai yang mengundang kontroversi di kalangan penyair dan pengamat sastra. Beberapa ada yang mendukung/pro adanya puisi esai, tetapi tidak sedikit pula yang menentang/kontra. Untuk lebih memahami informasi puisi esai dan pro kontra tentangnya, kalian dapat mencermati teks diskusi di bawah ini.

LEBIH LENGKAP:

LEBIH LENGKAP:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel