Rangkuman Materi bahasa indonesia kelas 10 bab 4 Kurikulum Merdeka plus modul ajar

Bismillah, apa kabar bapak/ibu guru bahasa indonesia kelas X yang kami banggakan. Semoga anda senantiasa dalam keadaan sehat walafiat. Baiklah menjelang pembelajaran ganjil dan genap bulan januari tahun 2022/2023, pada kesempatan baik ini ini guru-id berbagi rangkuman materi pelajaran bahasa indonesia kelas sepuluh SMP/MTS yang terdiri dari 6 (enam) bab pada kurikulum merdeka. nah pada kesempatan ini guru-id akan berbagai materi bab 4, selanjutnya Bagi teman-teman guru yang membutuhkan referensi silahkan simak portingan ini hingga akhir.

Materi bahasa indonesia kelas 10 Kurikulum merdeka Semester 2

Sobat guru bahasa indonesia jenjang SMA/SMK, sebelum menuju ringkasan materi berikut guru-id bagikan dulu materi dan tujuan pembelajaran (TP) semester 2 sebagai pengingat.

Bab 4 Belajar Menjadi Negosiator Ulung

10.1 Mengevaluasi informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, atau pesan dalam teks negosiasi berbentuk dialog secara akurat, kritis, dan reflektif

10.2 Menilai akurasi dan kualitas data dalam teks negosiasi dengan menggunakan informasi pada teks deskripsi sebagai pembanding

10.3 Menggunakan sumber pendukung lain untuk menemukan informasi berupa penjelasan makna kata

10.4 Mengalihwahanakan teks berbentuk dialog ke bentuk naratif secara logis, kreatif, dan menggunakan alur yang runtut Tujuan

10.5 Menyajikan gagasan, pikiran, pandangan, atau pesan dalam bentuk dialog secara runtut, kreatif, dan dengan menggunakan metode yang tepat

Bab 5 Memetik Keteladanan Dari Biografi Pahlawan

10.2 Menganalisis teks rekon untuk menemukan gagasan, pikiran, atau pesan yang tersurat dan tersirat

10.3 Menggunakan sumber pendukung lain untuk menelaah penggunaan tanda baca dan kata serapan dalam teks biografi secara akurat

10.5 Menyajikan teks biografi secara tuntut, logis, dan kreatif

Bab 6 Berkarya dan Berekspresi Melalui Puisi

10.1 Memahami diksi dalam teks puisi yang dibacakan dengan kritis dan reflektif

10.2 Memahami teks diskusi dan menilai efektivitas pemilihan kata/diksi, pengaturan rima, dan tampilan tipografi dalam mendukung makna dan amanat puisi

10.3 Mengidentifikasi tema dan suasana untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks puisi

10.4 Menulis tanggapan terhadap antologi puisi secara logis dan kritis yang dalam bentuk resensi buku

Rangkuman materi bahasa indonesia kelas 10 bab 4

Rangkuman Materi bahasa indonesia kelas 10 bab 4 Kurikulum Merdeka

Berikut rangkuman materi bab empat Menjadi Negosiator Ulung yang merupakan pembelajaran pada semester genap kurikulum merdeka

Negosiasi pada dasarnya kegiatan berunding atau tawar-menawar untuk men capai kesepakatan atau persetujuan bersama antara beberapa pihak. Kesepakatan tersebut merupakan hal yang disetujui bersama setelah mengatasi berbagai perbedaan atau perselisihan antara dua belah pihak (KBBI Daring).

Kesepakatan antara kedua belah pihak merupakan tujuan negosiasi.

Kedua belah pihak harus dapat saling menerima dan mengambil jalan tengah atau solusi yang ditawarkan serta tidak bersikeras pada kepentingan masing-masing. Selain itu, untuk mencapai suatu kesepakatan, diperlukan juga cara dan teknik yang tepat agar kedua belah pihak dapat saling menerima penawaran.

Menilai Informasi dan Membandingkan Isi Teks

Teks negosiasi dapat ditampilkan dalam berbagai bentuk. Salah satunya berbentuk dialog berupa percakapan kalimat langsung antara kedua belah pihak. Ada pula teks narasi yang merupakan penggabungan antara dialog dan narasi. Selain itu, ada juga teks negosiasi yang berbentuk surat, misalnya surat penawaran, surat melamar pekerjaan, dan surat permintaan barang.

Menemukan Informasi pada Sumber Pendukung

Ada beberapa sumber pendukung yang dapat digunakan untuk mencari makna kata atau penjelasan kata tertentu. Beberapa sumber pendukung tersebut di antaranya, yaitu kamus, ensiklopedia, dan tesaurus. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kamus merupakan buku yang memuat kumpulan istilah atau nama yang disusun menurut abjad beserta penjelasan tentang makna dan pemakaiannya. Adapun tesaurus merupakan kumpulan daftar kata atau ungkapan yang bertalian dengan makna. Ensiklopedia adalah karya rujukan yang berisi keterangan atau uraian tentang berbagai hal dalam bidang ilmu pengetahuan. Sistematika penulisan ensiklopedia biasanya disusun menurut abjad atau tema. Saat ini, kamus, ensiklopedia, dan tesaurus dapat dengan mudah diakses secara daring (online). Sebagai rujukan, kamus daring yang dapat digunakan, yaitu Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring yang dapat diakses melalui laman https://kbbi.kemdikbud.go.id/. Untuk tesaurus, salah satu tesaurus daring yang terpercaya adalah tesaurus tematis dari Badan Bahasa yang dapat diakses melalui laman http://tesaurus.kemdikbud.go.id/tematis/. Adapun ensiklopedia daring yang paling umum digunakan adalah Wikipedia yang dapat diakses melalui laman https://id.wikipedia.org/wiki/Halaman_Utama.

Sebagai sebuah teks, teks negosiasi memiliki strukturnya sendiri. Struktur teks negosiasi terdiri dari orientasi, pengajuan, penawaran, dan persetujuan. Berikut ini contoh bagian-bagian struktur teks negosiasi.

Contoh bagian struktur teks negoisasi
Rangkuman Materi bahasa indonesia kelas 10 bab 4

Setelah mampu memahami dan menulis teks negosiasi, siswa dapat mempresentasikan hasil karyanya. Untuk metode presentasi yang dipilih, siswa dapat menggunakan model bermain peran (role playing). Sebelumnya, siswa perlu menyiapkan naskah atau teks negosiasi yang sudah tersusun lengkap.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

a. Mendeskripsikan skenario peristiwa

Pada tahap pertama, siswa perlu memberi penjelasan tahapan peristiwa yang terdapat pada teks negosiasi. Urutan kejadian pada naskah teks negosiasi perlu direncanakan dengan baik.

b. Mempelajari karakter peran

Karakter peran dalam teks negosiasi tidak serumit pementasan drama. Dalam hal ini, siswa hanya perlu berposisi dan tampil sebaik mungkin sebagai pihak-pihak yang terlibat dalam teks negosiasi tersebut.

c. Menentukan pemeran Pilih pemeran sesuai dengan jumlah pihak yang terlibat dalam naskah teks negosiasi. Beberapa siswa yang lain dapat terlibat sebagai pemeran pembantu.

d. Menata panggung/latar dan peralatan pendukung

Penataan panggung atau latar untuk bermain peran disesuaikan dengan naskah teks negosiasi. Misalnya latar di kelas maka perlu disiapkan meja dan kursi sebagai peralatan pendukung atau alat peraga.

e. Berlatih

Latihan diperlukan untuk meminimalisasi kesalahan dalam pelaksanaan bermain peran. Latihan dapat dilakukan beberapa kali dengan teman kelompok. Tujuannya adalah untuk membiasakan menghafal naskah, menghilangkan demam panggung, dan melancarkan pengucapan.

f. Melakukan pemeranan Dalam tahap ini, siswa diharuskan tampil sesuai dengan naskah teks negosiasi yang sudah disusun. Upayakan tampil dengan maksimal dan sebaik mungkin.

g. Diskusi dan evaluasi

Kegiatan diskusi berupaya untuk memberi penilaian terhadap kualitas pemeranan. Pada kegiatan diskusi pun siswa memberikan saran masukan untuk perbaikan lebih lanjut pada penampilan selanjutnya.

Untuk menambah pengalaman pemeranan yang baik, siswa juga dapat mencermati video penampilan bermain peran di Youtube. Selain itu, siswa juga dapat mencermati berbagai tips bermain peran agar dapat tampil secara maksimal.

LEBIH LENGKAP:

LEBIH LENGKAP:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel