Materi Belajar TVRI Minggu kelima 11-15 Mei 2020 SD SMP SMA

Guru-id.com - halo adik-adik, Belajar dari rumah melalui TVRI akan berlanjut hingga lebaran mendatang. Kemendikbud sudah menyedikan materi belajar untuk adik-adik melalui program libur lebaran. Jadi, walaupun di rumah adik-adik tetap bisa belajar.

gambar jadwal belajar TVRI minggu kelima

Baik langsung saja, berikut kami tuliskan jadwal dan materi belajar di TVRI minggu kelima di TVRI melalui postingan ini.

1. Jadwal dan Materi kelas 1 2 3 Minggu kelima

Sahabat edukasi, Pada hari senin, 11 Mei 2020 pukul 8:30-9:00 adik-adik Kelas 1-3 akan belajar materi Sahabat pelangi yang berjudul Karung Terdampar. Pastikan adik-adik menonton tayangannya sampai selesai ya agar bisa menjawab pertanyaan berikut di akhir segmen.

1. Apa akibatnya jika Wayan dan Chandra tidak mau mengalah ?

2. Mengapa Wayan harus belajar bertanggung jawab ?

3. Apa manfaat bekerja sama yang dilakukan Wayan dan teman-temannya ?

Ingin Referensi Jawaban ? Klik Selengkapnya


Sahabat edukasi, Pada hari Selasa, 12 Mei 2020 pukul 8:30-9:00 adik-adik Kelas 1-3 akan belajar materi Khan Academy yaitu Penjumlahan, Perkalian, Pembagian. Pastikan adik-adik menonton tayangannya sampai selesai ya agar bisa menjawab pertanyaan berikut di akhir segmen.

Kerjakan soal berikut!

a) … = 3 puluhan + 4 satuan
b) 57 = ... puluhan + … satuan

Hitunglah dengan menggunakan bentuk panjang !

a) 48 + 52 = ....
b) 56 + 31 = ....

Untuk kelas 3: Hitunglah hasil perkalian dan pembagian berikut !

a) 30 X ... = 300
b) 40 X 10 = ....
c) 150 : 10 = ....
d) ... : 10 = 20

Ingin Referensi Jawaban ? Klik Selengkapnya


Sahabat edukasi, Pada hari Rabu, 13 Mei 2020 pukul 8:30-9:00 adik-adik Kelas 1-3 akan belajar materi Sahabat Pelangi yang berjudul Chandra Oh Chandra. Pastikan adik-adik menonton tayangannya sampai selesai ya agar bisa menjawab pertanyaan berikut di akhir segmen.

1. Mengapa Chandra harus membantu orang tuanya ?

2. Apa yang dapat kita lakukan jika teman mengalami kesulitan menemukan alamat seperti Chandra ?

3. Bagaimana cara menjaga amanah atau titipan yang diberikan kepada kita ?

Ingin Referensi Jawaban ? Klik Selengkapnya


Sahabat edukasi, Pada hari Kamis, 14 Mei 2020 pukul 8:30-9:00 adik-adik Kelas 1-3 akan belajar materi Khan Academy yaitu Bilangan. Pastikan adik-adik menonton tayangannya sampai selesai ya agar bisa menjawab pertanyaan berikut di akhir segmen.

1. Pertanyaan di akhir video (3):

a) Gambarkan penjumlahan yang hasilnya bilangan 5 !

b) Tuliskan penjumlahan yang hasilnya bilangan 10 !

2. Lengkapi penjumlahan dan pengurangan berikut dengan bilangan yang tepat !

a) 64 = ... + 35
b) 82 - ... = 46
c) 47 = ... - 23

3. Angka berapa saja yang hilang dari deret bilangan berikut ? (lihat Panduan PDF Diakhir artikel)

4. Pertanyaan hanya untuk kelas 3: Lengkapi penjumlahan dan pengurangan berikut dengan bilangan yang tepat !

a) ... + 134 = 320
b) 134 + ... = 320
c) 320 - ... = 134

Ingin Referensi Jawaban ? Klik Selengkapnya


Sahabat edukasi, Pada hari jumat, 15 Mei 2020 pukul 8:30-9:00 adik-adik Kelas 1 2 3 akan belajar materi Belajar Menyimak yaitu Bilangan. Pastikan adik-adik menonton tayangannya sampai selesai ya agar bisa menjawab pertanyaan berikut di akhir segmen.

1. Bolehkah katak, anjing, dan kera menghina kura-kura? Mengapa ?

a) Sebutkan tokoh-tokoh yang ada dalam cerita tadi !

b) Tirukan suara binatang yang ada dalam cerita tadi !

c) Ceritakan kembali cerita tadi !

3. Deskripsikan kupu-kupu !

Ingin Referensi Jawaban ? Klik Selengkapnya


2. Jadwal dan Materi kelas 4 5 6 Minggu kelima

Sahabat edukasi, Pada hari senin, 11 Mei 2020 pukul 09:00-9:30 adik-adik Kelas 4 5 6 akan belajar materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan. Pastikan adik-adik menonton tayangannya sampai selesai ya agar bisa menjawab pertanyaan berikut di akhir segmen.

1. Pada awalnya, drum air yang ada di taman rumah hanya berisi air 1/4 bagian. Karena semalam turun hujan lebat, maka isinya sekarang menjadi hampir penuh, yaitu 4/5 bagian. Berapa bagian banyak air hujan yang menambah isi dalam drum tersebut

2. Jumlah siswa kelas V ada 49 orang. Lima per tujuh bagian sedang berolahraga di lapangan. Dari peserta olahraga itu, 3/5 bagian adalah siswa laki-laki. Berapa banyak siswa perempuan yang berolahraga ?

3. Caca mempunyai 3/4 liter air mineral. Ia memberikan kepada Indri 5/8 liter. Kemudian Caca mengambil air mineral dari botolnya sebanyak 5/6 liter. Berapa liter air mineral Caca sekarang ?

Ingin Referensi Jawaban ? Klik Selengkapnya


Sahabat edukasi, Pada hari selasa, 12 Mei 2020 pukul 09:00-9:30 adik-adik Kelas 4 5 6 akan belajar materi X-Sains yaitu Bunyi dan Cahaya. Pastikan adik-adik menonton tayangannya sampai selesai ya agar bisa menjawab pertanyaan berikut di akhir segmen.

1. Ali berdiri di sebuah ruang besar dan Budi berdiri di tengah sawah jauh dari kampung. Mereka sama-sama berteriak. Apa yang terjadi ? Jelaskan!

2. Apa sifat-sifat cahaya ? Berikan masing-masing contohnya !

3. Rina bercermin di depan kaca cermin rias di kamarnya. Bagaimana bentuk dan sifat bayangan Rina pada cermin tersebut? Jelaskan !

Ingin Referensi Jawaban ? Klik Selengkapnya


Sahabat edukasi, Pada hari Rabu, 13 Mei 2020 pukul 09:00-9:30 adik-adik Kelas 4 5 6 akan belajar materi Mengenal Masyarakat Bugis Makassar. Pastikan adik-adik menonton tayangannya sampai selesai ya agar bisa menjawab pertanyaan berikut di akhir segmen.

1. Menurutmu, apa saja kehebatan orang Bugis Makassar pada masa lalu berdasarkan tayangan tadi ?

2. Bagaimana cara membuat Perahu Pinisi? Ceritakan dengan singkat kepada keluargamu !

3. Apa yang bisa kita teladani dari Bapak Muhammad Djafar, pembuat perahu Pinisi? Mengapa ?

Ingin Referensi Jawaban ? Klik Selengkapnya


Sahabat edukasi, Pada hari kamis, 14 Mei 2020 pukul 09:00-9:30 adik-adik Kelas 4 5 6 akan belajar materi Perjuangan Jenderal Sudirman. Pastikan adik-adik menonton tayangannya sampai selesai ya agar bisa menjawab pertanyaan berikut di akhir segmen.

1. Apa yang bisa kita teladani dari perjuangan Jenderal Sudirman ?

2. Bagaimana strategi perang Jenderal Sudirman ketika melawan Belanda ?

3. Tuliskan beberapa koleksi jejak-jejak sejarah Jenderal Sudirman di museum Vredeburg yang menjadi saksi dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia !

Ingin Referensi Jawaban ? Klik Selengkapnya


Sahabat edukasi, Pada hari jumat, 15 Mei 2020 pukul 09:00-9:30 adik-adik Kelas 4 5 6 akan belajar materi Volume Bangun Ruang. Pastikan adik-adik menonton tayangannya sampai selesai ya agar bisa menjawab pertanyaan berikut di akhir segmen.

1. Sebuah penampungan air berukuran panjang 120 cm, lebar ¾ m, dan tinggi 80 cm. Di dalam bak masih terdapat air ⅓ bagian. Bak tersebut akan diisi air sampai penuh. Berapa liter air yang diperlukan untuk mengisi bak tersebut hingga penuh ?

2. Ayah membuat sebuah akuarium berbentuk prisma segitiga, dengan ukuran panjang alas 45 cm, tinggi alas 40 cm, dan tinggi prisma 65 cm. Berapa liter volume akuarium tersebut ?

3. Ibu membeli susu kaleng berbentuk tabung dengan diameter 14 cm dan tinggi 17 cm. Di dalam kaleng tersebut terdapat ruang rongga 3 cm dari tutup atasnya. Berapa volume susu dalam kaleng tersebut ?

Ingin Referensi Jawaban ? Klik Selengkapnya


Materi Belajar TVRI Minggu kelima SMP

Sahabat edukasi, Pada hari Senin, 11 Mei 2020 pukul 09:00-9:30 adik-adik jenjang SMP akan belajar materi Polusi Air di Sekitar Kita. Pastikan adik-adik menonton tayangannya sampai selesai ya agar bisa menjawab pertanyaan berikut di akhir segmen.

1. Pertanyaan di akhir Segmen 1 (0:00-6:52):

Polusi air terjadi karena campur tangan manusia. Jelaskan tiga contoh aktivitas manusia yang menyebabkan terjadinya polusi air !

2. Pertanyaan di akhir Segmen 2 (8:11-15:30):

Usaha apa yang kamu lakukan jika di lingkungan sekitarmu ditemukan polusi air ?

3. Pertanyaan di akhir Segmen 3 (16:58-24:57):

Tuliskan urutan langkah prosedur penjernihan air menggunakan biji kelor dengan tepat !

Ingin Referensi Jawaban ? Klik Selengkapnya


Sahabat edukasi, Pada hari Selasa, 12 Mei 2020 pukul 09:30-10:00 adik-adik jenjang SMP akan belajar materi Volume dan Luas Balok, Prisma, dan Limas . Pastikan adik-adik menonton tayangannya sampai selesai ya agar bisa menjawab pertanyaan berikut di akhir segmen.

Rendi membantu ibunya untuk memasukkan tahu yang sudah dibeli ke dalam tiga kotak dengan ukuran yang berbeda.

gambar soal SMP Tvri 12 mei 2020

● Kotak biru memiliki ukuran panjang 24 cm, lebar 10 cm, dan tinggi 8 cm

● Kotak ungu memiliki ukuran panjang 20 cm, lebar 8 cm, dan tinggi 8 cm

● Kotak hijau memiliki panjang 12 cm, lebar 8 cm, dan tinggi 6 cm

Ukuran tahu yang dibeli memiliki ukuran panjang 4 cm, lebar 4 cm, dan tinggi 2 cm. Rendi mengatakan bahwa lebih dari 100 tahu dapat dimasukkan ke dalam tiga wadah tersebut.

Setujukah kamu dengan pernyataan Rendi? Berikan alasanmu !


Andri memiliki kawat sepanjang 15 meter. Dia akan membuat lima buah kubus dengan menjadikan kawat sebagai kerangka kubus tersebut. Andri ingin meminimalkan sisa dari kawat yang dimilikinya. Andri mengatakan bahwa luas maksimal daerah permukaan masing-masing kubus tersebut adalah 4.704 cm2 . Benarkah itu? Jelaskan alasanmu!


Gambar berikut merupakan penampang sebuah limas pejal terbuat dari besi dengan alas berbentuk persegi diletakkan di dalam sebuah prisma.

Panjang sisi alas limas adalah 14 m dan tinggi limas adalah 24 m. Kakak mengatakan ia membutuhkan air 3.000 m3 untuk mengisi prisma. Benarkan itu? Jelaskan alasanmu !

Ingin Referensi Jawaban ? Klik Selengkapnya


Sahabat edukasi, Pada hari Rabu, 13 Mei 2020 pukul 09:30-10:00 adik-adik jenjang SMP akan belajar materi Membaca itu Asyik! . Pastikan adik-adik menonton tayangannya sampai selesai ya agar bisa menjawab pertanyaan berikut di akhir segmen.

Dari kisah Mohammad Hatta, apa manfaat membaca buku yang masih relevan dengan kehidupanmu saat ini ?

Berikan pendapatmu bagaimana meningkatkan kegemaran membaca buku di tengah banyaknya masyarakat yang menghabiskan waktunya untuk sekadar bermain media sosial dalam gawai !

Apa dampak negatif jika banyak generasi muda Indonesia yang tidak suka membaca buku ?

Ingin Referensi Jawaban ? Klik Selengkapnya


Sahabat edukasi, Pada hari Kamis, 14 Mei 2020 pukul 09:30-10:00 adik-adik jenjang SMP akan belajar materi Garis dan Sudut . Pastikan adik-adik menonton tayangannya sampai selesai ya agar bisa menjawab pertanyaan berikut di akhir segmen.

Perhatikan gambar berikut.
gambar soal mtk 14 mei 2020

Lima siswa berpendapat tentang kedudukan garis.

a) Arman: Garis KL dan LM adalah pasangan dua garis sejajar

b) Cahyo: Garis KL dan LQ adalah pasangan dua garis berpotongan

c) Dodi: Garis PK dan MR kedua-duanya merupakan garis horizontal

d) Edi: Garis PQ dan KL kedua-duanya merupakan garis vertikal

e) Gunawan: Garis PQ dan SR adalah pasangan dua garis tegak lurus Menurut kalian, pendapat siapa yang benar? Jelaskan alasanmu !


Perhatikan gambar berikut. Garis AB berpotongan tegak lurus garis CD dan berpotongan di titik O. Kemudian garis EF memotong kedua garis tersebut pada titik O.

Beberapa siswa memberikan pendapat sebagai berikut:

1. Anita: Sudut DOF adalah sudut lancip

2. Budi: Sudut DOB adalah sudut siku-siku

3. Feri: Sudut AOE adalah sudut tumpul

4. Beni: Sudut AOB adalah sudut lurus

5. Fani: Sudut EOC adalah sudut refleks

Pendapat siapa yang benar? Jelaskan alasanmu!

Ingin Referensi Jawaban ? Klik Selengkapnya


Sahabat edukasi, Pada hari jumat, 15 Mei 2020 pukul 09:30-10:00 adik-adik jenjang SMP akan belajar materi Pesona di Balik Eceng Gondok . Pastikan adik-adik menonton tayangannya sampai selesai ya agar bisa menjawab pertanyaan berikut di akhir segmen.

Pertanyaan di akhir video 2:

Upah adalah komponen yang paling mendasar dari produktivitas kerja. Jika upah pekerja diabaikan oleh pengusaha sebagai pelaku industri, apa dampak yang paling fatal dari hasil kerja

Pertanyaan di akhir video 3:

Tuliskan tahap awal eceng gondok untuk dapat menjadi bahan baku kerajinan !

Pertanyaan di akhir video 4:

Jika kamu ingin berkreasi dengan eceng gondok, apa yang akan kamu kreasikan menjadi kerajinan yang memiliki nilai jual yang tinggi, dan mengapa kamu memilihnya?

Ingin Referensi Jawaban ? Klik Selengkapnya


Materi Belajar TVRI SMA minggu kelima

Sahabat edukasi, Pada hari Senin, 11 Mei 2020 pukul 10:03-10:30 adik-adik jenjang SMA akan belajar materi Tutorial Penulisan Skenario . Pastikan adik-adik menonton tayangannya sampai selesai ya agar bisa menjawab pertanyaan berikut di akhir segmen.

Pertanyaan di akhir Segmen 1 (0:00-10:37):

1. Jelaskan premis dari cuplikan film pendek tersebut!

2. Ceritakan turning point atau titik balik kedua dalam film tersebut!

Pertanyaan di akhir Segmen 2 (10:38-selesai):

1. Peristiwa apa yang membuat klimaks dalam film tersebut ?

2. Berdasarkan format film yang telah dijelaskan dalam tayangan tadi, kalau kalian ingin membuat film berdurasi 60 menit, berapa halaman skenario film sebaiknya dibuat? Berikan penjelasan !

LIHAT KUNCI JAWABAN

Sahabat edukasi, Pada hari Selasa, 12 Mei 2020 pukul 10:03-10:30 adik-adik jenjang SMA akan belajar materi Transformasi Geometri Translasi dan Refleksi. Pastikan adik-adik menonton tayangannya sampai selesai ya agar bisa menjawab pertanyaan berikut di akhir segmen.

1. Tentukan bayangan segitiga ABC dengan koordinat titik-titik A(2,3), B (8,3) dan C (8,-2) jika ditranslasikan oleh vektor translasi

2. Perhatikan hasil bayangan segitiga yang kalian peroleh:

a) Bagaimana bentuk segitiga bayangan tersebut jika dibandingkan dengan segitiga ABC ?

b) Apakah luas kedua segitiga tersebut sama? Jelaskan dengan perhitungan matematika !


Budi menggambar bangun jajargenjang dengan koordinat titik-titik A(2,3), B(1,1), C(5,1), D(6,3). Kemudian ia refleksikan bangun tersebut terhadap sumbu-Y dan dilanjutkan terhadap sumbu-X.

a) Apakah bayangan jajargenjang hasil refleksi akan membentuk bangun yang berbeda? Jelaskan jawabanmu !

b) Apakah ukuran bayangan jajargenjang hasil refleksi lebih besar dibandingkan dengan bangun jajargenjang mula-mula? Jelaskan jawabanmu!

c) Budi menyatakan bahwa ketika dilakukan refleksi terhadap suatu bangun, maka pada bayangannya, semua posisi titik sudut bangun tersebut akan berubah. Apakah kalian setuju dengan pernyataan Budi tersebut? Jelaskan jawabanmu!


Pertanyaan di akhir Segmen 1 dari video (2) (0:00-6:00):

Berikanlah 2 contoh pengaplikasian konsep matematika dalam kehidupan manusia sehari-hari!


Sahabat edukasi, Pada hari Rabu, 13 Mei 2020 pukul 10:03-10:30 adik-adik jenjang SMA akan belajar materi Matematika itu Menyenangkan. Pastikan adik-adik menonton tayangannya sampai selesai ya agar bisa menjawab pertanyaan berikut di akhir segmen.

Pertanyaan di akhir Segmen 2 dari video (2) (6:01-12:53):

Menurutmu, mengapa mempelajari matematika bermanfaat untuk menyelesaikan masalah dan menjadikan kita mengerti tentang dunia?

Pertanyaan di akhir video (3):

Cari dan jabarkanlah teknik atau metode menghafal seru yang baru dalam usahamu memahami suatu materi (seperti tabel periodik, rumus tertentu, atau lainnya)!


Sahabat edukasi, Pada hari Kamis, 14 Mei 2020 pukul 10:03-10:30 adik-adik jenjang SMA akan belajar materi Transformasi Geometri Rotasi . Pastikan adik-adik menonton tayangannya sampai selesai ya agar bisa menjawab pertanyaan berikut di akhir segmen.

1. Jelaskan satu contoh bagaimana sebuah transformasi geometri diaplikasikan ketika kamu mengedit foto di telepon genggam!

2. Ani menggambar sebuah bangun datar. Kemudian ia merotasikan bangun tersebut dengan pusat O sejauh sudut tertentu. Ani menyatakan hasil bayangan yang ia peroleh persis sama dengan bangun yang ia gambar, baik bentuk, ukuran, dan posisi bangun. Apakah hal tersebut mungkin terjadi?Jelaskan jawabanmu!

3. Tentukan bayangan segitiga ABC dengan koordinat titik-titik A(3,4), B (7,4) dan C (7,1) jika dipetakan oleh rotasi dengan pusat O sejauh 90°

Perhatikan bayangan segitiga hasil rotasi yang diperoleh! a) Bagaimana bentuk segitiga bayangan tersebut jika dibandingkan dengan segitiga ABC ?

b) Apakah segitiga mula-mula dan bayangan segitiga hasil rotasi memiliki ukuran dan luas yang sama? Jelaskan jawabanmu!


Sahabat edukasi, Pada hari Jumat, 15 Mei 2020 pukul 10:03-10:30 adik-adik jenjang SMA akan belajar materi Transformasi Geometri Rotasi . Pastikan adik-adik menonton tayangannya sampai selesai ya agar bisa menjawab pertanyaan berikut di akhir segmen.

Pertanyaan di akhir Segmen 1 dari video (2) (awal-7:20):

Kaus tie dye atau jumputan merupakan usaha rumahan yang akan memberikan keuntungan besar. Setujukah kamu dengan informasi tersebut? Jelaskan alasannya!

Pertanyaan di akhir Segmen 2 dari video (2) (7:21-akhir):

: Jika teman-teman membangun usaha kaus tie dye, bagaimana metode pemasarannya? Jelaskan ide kamu!

Pertanyaan di akhir video:

Jelaskan apa yang harus dipertimbangkan sebelum membuka usaha di bidang furnitur berbahan dasar jati belanda !

Video pembelajaran TVRI minggu kelima bisa di tonton melalui link youtube yang tertaut dengan PDF dibawah ini !



0 Response to "Materi Belajar TVRI Minggu kelima 11-15 Mei 2020 SD SMP SMA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel