Contoh Jawaban perubahan inovasi pemberdayaan gerakan guru penggerak

Halo sahabat guru penggerak, pada postingan ini guru-id akan memberikan referensi tentang contoh jawaban essay program guru penggerak angkatan 5, ini dia pertanyaannya .

Berikan contoh perubahan, inovasi, pemberdayaan, gerakan, atau lainnya yang memberikan dampak nyata berdasarkan inisiatif Anda sendiri. Apa yang mendorong Anda melakukan hal tersebut? (Jawaban Anda harus mencakup waktu kejadian, dampak atas inisiatif Anda, upaya yang Anda lakukan agar inisiatif tersebut terlaksana, peran Anda dan pihak lain yang terlibat bila ada)

Referensi Jawabannya

gambar contoh perubahan inovasi pemberdayaan gerakan guru penggerak

Selanjutnya berikut adalah salah satu kutipan jawaban dari peserta guru penggerak angkatan 5.

Dalam kaitannya dengan hal tersebut, penulis dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab sebagai guru di satuan pendidikan telah melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan kemampuan guru terutama dalam hal membuat laporan hasil penilaian peserta didik berbasis aplikasi excel. Penulis terus berupaya memperkenalkan dan memanfaatkan aplikasi kepada para guru lainnya.

Upaya ini dilakukan penulis murni untuk berbagi dengan para guru lainnya dalam rangka mengefisiensikan pekerjaan. Aplikasi ini bukan hak cipta penulis namun pengembangan pada beberapa instrumen penilaian dilakukan untuk melengkapi form penilaian yang ada. Bimbingan intens dilakukan untuk memberikan pemahaman dan penguasaan terhadap sistem kerja aplikasi tersebut. Dengan adanya aplikasi pengolahan nilai ini dapat mempermudah sistem pelaporan hasil penilaian oleh guru.

Di satuan pendidikan tempat penulis mengajar yakni SD/SMP/SMA/SMK, aplikasi ini merupakan hal baru bagi para guru dan tenaga kependidikan. Sehingga antusiasme sebagian para guru sangat bagus dalam mempelajari dan mendalami sistem kerja dari aplikasi tersebut. Hal ini menjadi inovasi baru di SD/SMP/SMA/SMK. Selain memperkenalkan aplikasi pengolahan nilai, penulis juga aktif memberikan pendampingan dalam penyusunan program kerja pembelajaran kepada beberapa guru. Dengan pengenalan aplikasi dan pendampingan yang penulis lakukan sangat berdampak positif terhadap kemajuan pada diri guru maupun pada aspek managemen sekolah.

Meski status penulis hanya sebagai guru honorer tanpa menjabat posisi penting di sekolah, namun aktifitas pengembangan diri maupun kelompok intens dilakukan dengan sukarela. Pendampingan yang dilakukan penulis fokus pada bidang yang ditekuni dan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki berdasarkan penghargaan dan pelatihan-pelatihan yang pernah diikuti. Selain itu, berbekal pengalaman mengikuti kegiatan Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) hingga level terakhir (level 4) sekaligus menjadi Sahabat Rumah Belajar Kemendikbud untuk Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun 2020, penulis meyakini bahwa hal tersebut dapat menjadi modal awal untuk melakukan berbagai inovasi maupun gerakan-gerakan pemberdayaan terkait pembelajaran berbasis teknologi.

Inovasi lainnya yang pernah penulis lakukan yakni berhasil membawa ekstrakurikuler gerakan pramuka sebagai juara harapan II tingkat nasional mewakili provinsi NTB usai melalui berbagai tahapan seleksi dari tingkat kecamatan, kabupaten, dan provinsi. Event tersebut merupakan Lomba Gugus Depan (LGU) Unggul dan Kepak 2019. Saat ini penulis ditugaskan pada ekstrakurikuler lain yakni ekstrakurikuler jurnalistik. Ekstrakurikuler ini baru didirikan pada tahun pelajaran 2021/2022. Untuk itu dibutuhkan inovasi, gerakan, maupun pemberdayaan guna meningkatkan prestasi.

Terakhir, ekstrakurikuler ini berhasil meraih juara I penulisan berita dalam kegiatan Jambore Jurnalistik Siswa SMA/MA/Sederajat Tahun 2021 tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat. Prestasi ini merupakan prestasi perdana dan keikutsertaan yang pertama kalinya. Bersaing dengan sekolah-sekolah unggulan di seluruh provinsi NTB merupakan tantangan yang luar biasa dan membutuhkan kegigihan dan strategi jitu untuk dapat memenangkan kompetisi. Dengan pengalaman yang baru tentu siswa/siswa juga membutuhkan dorongan moril dan mental yang kuat.

Berangkat dari uraian di atas, penulis merasa pelu dan harus terlibat secara intensif dalam berbagai program-program pemerintah terkait pendidikan, salah satunya program Guru Penggerak. Program Guru Penggerak merupakan salah satu program unggulan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Dengan program ini semua guru di seluruh Indonesia mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengembangkan kompetensi diri dan sekaligus sebagai penggerak bagi para guru lainnya untuk meningkatkan profesionalisme di bidangnya.

Untuk menjadi bagian dari Guru Penggerak, seorang guru harus memiliki motivasi yang kuat dan kelebihan-kelebihan yang dapat mendukung perannya sebagai Guru Penggerak. Dengan motivasi dan keinginan untuk berkembang yang kuat akan menjadi dasar yang paling fundamental dalam keberhasilan sebagai Guru Penggerak dengan maksimal. Dalam hal ini, sebagaimana yang telah diuraikan sebelumnya bahwa penulis memiliki motivasi yang tinggi dalam mengikuti kegiatan Program Guru Penggerak.

Selain motivasi yang kuat, kelebihan-kelebihan lainnya yang penulis miliki menjadi modal awal yang baik untuk mendukung peran sebagai Guru Penggerak nantinya, seperti penghargaan dan berbagai pelatihan-pelatihan teknis dan non teknis bidang pendidikan. Dengan berbagai penghargaan mengikuti kompetisi dan pengalaman-pengalaman mengikuti pelatihan baik di tingkat kabupaten hingga internasional diharapkan dapat menjadi pertimbangan panitia seleksi Calon Guru Penggerak tahun 2021 untuk menerima penulis sebagai Guru Penggerak. Hal tersebut juga diharapkan dapat menjadi pendukung dalam menjalankan peran sebagai Guru Penggerak nantinya.

Tidak dipungkiri bahwa pentingnya pengalaman sebagai pendukung dalam menjalankan peran sebagai Guru Penggerak tidak terlepas dari perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta arus Informasi di era Revolusi 4.0 atau sering disebut era digital saat ini sangat pesat. Perkembangan ini mempengaruhi semua aspek kehidupan termasuk lembaga-lembaga sosial. Kemampuan dalam melakukan penyesuaian (adjustment) terhadap tuntutan era digital menjadi tantangan besar. Pendidikan sebagai salah satu lembaga vital suatu bangsa harus melakukan perubahan progresif sesuai perkembangan zaman.



Informasi terbaru tentang Sekolah penggerak

πŸ‘‰ Kepmendikbudristek tentang program sekolah penggerak (DOWNLOAD PDF)

πŸ‘‰ Cara Mendaftar Guru Penggerak Angkatan 5 (YUK DAFTAR DISINI)

πŸ‘‰ Contoh format Rapor Sekolah penggerak (LIHAT FORMATNYA)

πŸ‘‰Contoh Modul Ajar Guru penggerak (DOWNLOAD FORMATNYA)

Terima kasih telah berkunjung dan membaca informasi di blog guru-id.com, Semoga bermanfaat dan memberikan tambahan wawasan. salam edukasi.

0 Response to "Contoh Jawaban perubahan inovasi pemberdayaan gerakan guru penggerak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel