Format Rapor Sekolah Penggerak SD SMP SMA SMK

Halo Sahabat edukasi, Pada postingan kali ini, laman guru-id akan membahas tentang Contoh Rapor untuk satuan pendidikan yang menggunakan kurikulum Sekolah Penggerak (KSP) tahun 2021. Selanjutnya link download Format Raport tersedia di akhir postingan.

Format Laporan Hasil Belajar (Rapor) merupakan laporan keseluruhan dari proses dan akhir pembelajaran. Laporan hasil belajar merupakan hasil dari analisis pendidik terhadap perkembangan belajar peserta didik. Laporan hasil belajar biasanya diberikan di akhir semester dan akhir tahun ajaran. Sekolah menentukan format laporan hasil belajar sesuai dengan kebutuhan, fungsi, nilai dan budaya masing-masing sekolah.

Yang perlu diperhatikan dalam melaporkan hasil belajar:

• Waktu yang diperlukan untuk mengumpulkan dan mengolah nilai lebih singkat.

• Pengumpulan dan pengolahan hasil akhir lebih mudah.

Yang sebaiknya dihindari:

• Merekayasa hasil tanpa adanya bukti perkembangan pembelajaran.

• Bahasa yang kompleks dan terlalu ilmiah.

• Penggunaan kata atau kalimat negatif.

• Menilai dengan skor atau angka tanpa deskripsi kriteria.

Raport Kurikulum Sekolah Penggerak

Selanjutnya, contoh raport yang guru-id bagikan ini merujuk pada Panduan Pembelajaran dan Asesmen Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA) kemendikbudristek tahun 2021.

Nilai rapor disajikan berdasarkan penghitungan hasil pengolahan yang telah dilakukan. Pendidik perlu memperhatikan hasil asesmen yang tertinggi dan terendah pada kompetensi untuk kemudian disajikan ke dalam Capaian Kompetensi dalam rapor.

Pelaporan hasil belajar (rapor), dibuat oleh pendidik sebagai analisis hasil belajar dalam bentuk tertulis dan langsung dilaporkan ke orang tua peserta didik

Sesuai dengan judul postingan berikut guru-id tampilkan contoh format rapor kurilum sekolah penggerak yang berisi data siswa, mata pelajaran, nilai akhir dan capaian kompetensi.

gambar rapor sekolah penggerak

Setelah melihat contohnya diatas, format rapor tersebut ternyata mirip dengan Rapor kurikulum 2013.

Informasi terbaru tentang Sekolah penggerak

👉 Kepmendikbudristek tentang program sekolah penggerak (DOWNLOAD PDF)

👉 Cara Mendaftar Guru Penggerak Angkatan 5 (YUK DAFTAR DISINI)

👉 Modul Ajar untuk Guru penggerak (YUK DAFTAR DISINI)

👉 Contoh Penerapan Pola Pikir bertumbuh (YUK DAFTAR DISINI)

Terima kasih telah berkunjung dan membaca informasi di blog guru-id.com, Semoga bermanfaat dan memberikan tambahan wawasan. salam edukasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel