Jawaban Kuis Pemahaman Merdeka Belajar

Sahabat guru yang kami banggakan, pada postingan kali ini guru-id akan berbagi kunci jawaban 5 pertanyaan kuis aktivitas 14 Pemahaman Merdeka Belajar Belajar program guru Seri Merdeka Belajar.

Bagaimana konsep Merdeka dalam pendidikan?

gambar Jawaban Kuis Pemahaman Merdeka Belajar

Kata merdeka adalah kata yang dekat dengan kita sebagai kata yang menggambarkan pergerakan dan semangat perjuangan. Dalam pendidikan kata Merdeka bukanlah hal yang baru. Di tahun 1952 dalam peringatan Taman Siswa Ki Hajar Dewantara mencetuskan semangat merdeka dalam buku Peringatan Taman Siswa 30 tahun “…kemerdekaan hendaknya dikenakan terhadap caranya anak-anak berpikir, yaitu jangan selalu “dipelopori”, atau disuruh mengakui buah pikiran orang lain”

Jika kita refleksikan bersama kata merdeka dalam konteks perjuangan dan pendidikan memiliki kesamaan spirit yaitu mampu mengatur dirinya sendiri. Untuk pemahaman lebih utuh silakan Anda membaca ebook dan Selamat membaca!

Setelah Anda telah mempelajari “Filosofi Ki Hajar Dewantara”, “Apa itu Merdeka Belajar?”, “Mengapa Merdeka Belajar?” dan “Bagaimana menerapkan Merdeka Belajar?”. Pada aktivitas ini terdapat kuis yang dapat membantu Anda untuk mengetahui sejauh mana pemahaman Anda tentang topik-topik tersebut. Dalam kuis juga disertakan pembahasan yang dapat menguatkan pemahaman Anda. Selamat mengerjakan kuis!

Soal, Jawaban Pemahaman Merdeka Belajar dan pembahasan

Berikut terdapat beberapa pernyataan, Anda diminta untuk memberi pernyataan setuju atau tidak setuju pada pernyataan tersebut.

"Melibatkan murid dalam penentuan tujuan merupakan praktik Merdeka Belajar"

Setuju
Tidak Setuju
Pembahasan

Salah, pernyataan berikut merupakan salah satu praktik Merdeka Belajar. Salah satu siklus Merdeka Belajar adalah komitmen menentukan tujuan belajar.

"Pelajar mempunyai kebutuhan dan minat belajar yang sama"

Setuju
Tidak Setuju

Pembahasan

Salah, pernyataan tersebut merupakan miskonsepsi belajar. Prinsip Merdeka Belajar adalah memberikan pilihan cara kepada semua murid.

"Penilaian belajar sepenuhnya wewenang pengajar"

Setuju
Tidak Setuju

Pembahasan

Salah, belajar bukan untuk dinilai pengajar, tapi dalam konsep Merdeka Belajar dinilai bersama untuk membangun kesadaran.

"Dalam konsep filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara, peran pendidik mendorong anak sesuai dengan kodrat yang telah ditetapkan"

Setuju
Tidak Setuju

Pembahasan

Salah, pendidik itu hanya dapat menuntun tumbuh atau hidupnya kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar dapat memperbaiki lakunya (bukan dasarnya) hidup dan tumbuhnya kekuatan kodrat anak.

"Siklus merdeka belajar yaitu komitmen terhadap tujuan belajar, mandiri terhadap cara dan dan melakukan refleksi belajar"

Setuju
Tidak Setuju

Pembahasan

Salah, siklus merdeka belajar yaitu komitmen terhadap tujuan belajar, mandiri terhadap cara dan dan melakukan refleksi belajar

Info Guru belajar dan Berbagi Seri Merdeka Belajar

Postingan berikut merupakan keterkaitan setiap topik yang berhubungan dengan program seri merdeka belajar.

👉 Cara mendaftar Program Seri Merdeka Belajar (BACA LEBIH LANJUT)

👉 Jawaban Asesmen Pra program Seri Merdeka Belajar (BUKA KUNCI JAWABAN)

👉 Jawaban Kuis Tujuan Pendidikan dan Miskonsepsi Belajar (BUKA KUNCI JAWABAN)

👉 Jawaban Aktivitas 8 Refleksi Pribadi Konsep Belajar (BUKA KUNCI JAWABAN)

👉 Jawaban Aktivitas 9 Refleksi dan Perayaan Belajar Topik 1 (BUKA KUNCI JAWABAN)

👉 Jawaban Aktivitas 18 Refleksi Pribadi Merdeka Belajar (BUKA KUNCI JAWABAN)

👉 Jawaban kuis kunci pengembangan seri Merdeka Belajar (BUKA KUNCI JAWABAN)

👉 Jawaban Aktivitas 27 Refleksi Tahap Pengembangan Guru (BUKA KUNCI JAWABAN)

Terima kasih telah berkunjung dan membaca informasi di blog guru-id.com, Semoga bermanfaat dan memberikan tambahan wawasan. salam edukasi.

0 Response to "Jawaban Kuis Pemahaman Merdeka Belajar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel