Cara Mengganti Moda Pelaksanaan ANBK di verval tik

Sobat proktor indonesia, Pelaksanaan Asesmen Nasional berbasis Komputer (ANBK) jenjang SMP SMA dan SMK Tahun 2021 tinggal hitungan hari. Oleh karena itu saatnya anda menentukan moda pelaksanaan mana yang akan dipilih. Dari pengalaman Simulasi dan gladi bersih anbk tentu saja proktor bisa menentukan moda terbaik untuk keberhasilan anbk di sekolah anda. oleh karena itu pada postingan kali ini guru-id akan berbagi sedikit panduan untuk pemulai mengenai cara mengganti moda pelaksanaan anbk. Bagi proktor pemula silahkan baca postingan ini hingga akhir.

Moda pelaksanaan ANBK ada dua yaitu full online (Daring) dan semi online. Kedua moda pelaksanaan ini sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing tergantung persiapan infrastuktur sekolah. Terutama yang paling penting adalah jaringan internet harus kuat baik moda online maupun semi. karena dihari pelaksanaan walaupun semi maupun online tetap sama-sama menggunakan jaringan internet.

Bedanya untuk full online semua komputer baik server maupun client wajib full internet, sedangkan moda semi online hanya komputer server yang harus terhubung ke jaringan internet. Jadi sama saja.

Kemudian kelebihan menggunakan moda online jika jaringan internet disekolah anda kuat, adalah proses persiapan tidak sulit karena tidak perlu sinkron seperti semi online. Namun setiap client membutuhkan setingan khusus agar exambro tidak terblokir oleh defender dan firewall. Insya allah akan kita bahas di postingan selanjutnya.

Mengganti Moda ANBK

Sobat proktor sesuai judul postingan untuk Mengganti moda pelaksanaan ANBK dari online ke semi online atau sebaliknya tidak melalui portal anbk kemdikbud, tapi melalui portal verval tik kemdikbud. Lalu bagaimana caranya? berikut inii guru-id tuliskan panduang singkatnya.

1. login verval tik

Langkah pertama silahkan sobat proktor menuju laman link verval tik terbaru 2021 berikut : https://vervaltik.data.kemdikbud.go.id/, berikutnya klik akun di pojok kanan atas dan klik login.

Pada laman selanjutnya gunakan username dan password verval pd (akun sdm pdsp) anda untuk melanjutkan verval data tik sekolah anda.

2. verval data Tik

Setelah berhasil login, browser akan diarahkan ke laman utama verval tik. selanjutnya sobat proktor silahkan pilih menu "kesiapan tik" kemudian pilih Verval.

Pada laman verifikasi dan Validasi Kesiapan TIK sekolah inilah moda pelaksanaan anbk dapat diganti. Caranya arahkan kursor ke bawah dan temukan moda pelaksanaan, lalu klik, dan pilih moda seperti penampakkan gambar dibawah.

Atau lihat juga tutorial VERVAL DATA TIK UNTUK ANBK 2021.

gambar mengganti moda pelaksanaan anbk

Berikutnya centang kotak "Klik di sini untuk konfirmasi (*) Wajib diisi" lalu klik tombol simpan.

Jika perubahan moda telah berhasil di verval tik, segera hubungi admin dinas untuk minta setujui. Setelah disetujia baru perubahan moda pelaksanaan di portal anbk akan berubah.

Jika sobat proktor ingin mengubah jumlah komputer client, silahkan ajukan perubahan ke admin dinas karena beliau yang memiliki akses.

NEXT : SETINGAN PENTING DI KOMPUTER CLIENT UNTUK KELANCARAN ANBK MODA ONLINE.

Administrasi ANBK 2021

INFO ANBK TERKINI

LINK DOWNLOAD

Oke selanjutnya berikut link download VHD ANBK, EXAMBRO, dan lain-lain silahkan unduh mellaui tautan dibawah !

👉 LINNK DOWNLOAD VHD ANBK 2021, (UNDUH DISINI).

👉 LINNK DOWNLOAD EXAMBRO ADMIN DAN CLIENT ANBK 2021, (UNDUH DISINI).

Sobat edukasi, untuk mendapatkan Pos Asesmen Nasional tahun 2021, silahkan download melalui tautan berikut : POS ASESMEN NASIONAL 2021.

Demikianlah informasi yang dapat guru-id bagikan. Semoga bermanfaat bagi satuan pendidikan yang akan melaksanakan Asesmen Nasional Tahun 2021. Salam edukasi.

0 Response to "Cara Mengganti Moda Pelaksanaan ANBK di verval tik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel