Pertimbangan-pertimbangan atau alternatif apa saja yang Anda hadirkan dalam membuat keputusan

Jawaban soal nomor 9 . Oke langsung saja berikut referensi jawaban pertanyaan tugas guru penggerak angkatan 5 beserta contoh penulisan esai nya. Untuk penulisan esai, berikut kami bagikan contoh penulisan esai dalam menjawab pertanyaan pada program guru penggerak

"Pertimbangan-pertimbangan atau alternatif apa saja yang Anda hadirkan dalam membuat keputusan? Informasi apa lagi yang Anda gunakan untuk memperkuat keputusan Anda"

Contoh Jawaban Soal no 9 Esai Guru Penggerak

gambar Pertimbangan-pertimbangan atau alternatif apa saja yang Anda hadirkan dalam membuat keputusan

Permasalahan yang ada dalam sebuah organisasi harus dapat diselesaikan dengan baik. Dibutuhkan kebijaksanaan seorang pemimpin dalam memberikan keputusan yang adil bagi semua anggota. Saya sendiri setiap keputusan atau kebijakan yang saya ambil dalam menyelesaikan berbagai permasalahan internal organisasi selalu memperhatikan kepentingan bersama tanpa merugikan maupun menguntungkan sebagian pihak. Keputusan bersama dapat diambil dalam forum diskusi terbuka sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Jika pun tidak ada kesepakatan bersama yang dianggap tepat dan memuaskan maka pemimpin dapat menghadirkan opsi-opsi yang paling mendekati kepuasan bersama. Dalam posisi ini dibutuhkan ketegasan dan kebijaksanaan seorang pemimpin dengan tetap mengakomodir kepentingan para anggota. Artinya permasalahan dalam sebuah organisasi tidak boleh dibiarkan berlarut-larut tanpa kepastian. Harus ada penyelesaian yang bijak agar permasalahan tidak membias dan berdampak negatif terhadap kesehatan organisasi dan keutuhan para anggota.

Kita menyadari bahwa pada dasarnya tidak ada keputusan yang sempurna dan diterima 100% oleh berbagai pihak terkait. Akan selalu ada ketidakpuasan pada diri anggota dan hal ini merupakan sesuatu yang wajar dalam organisasi. Untuk itu, menurut saya dibutuhkan perhatian seorang pemimpin secara kontinyu atau keberlanjutan terhadap kepentingan-kepentingan para anggota yang belum terakomodir. Seorang pemimpin tidak boleh mengabaikan kepentingan minoritas anggota. Aspirasi yang disampaikan harus diterima, dianalisis, dan direspon dengan bijak.

Tindakan apa yang kemudian Anda ambil dan bagaimana hasilnya?

Pada dasarnya keputusan dalam setiap menyelesaikan permasalahan harus diambil. Pertimbangan- pertimbangan sebagaimana diuraikan sebelumnya harus bijaksana dan mengakomodir setiap

kepentingan anggota. Untuk itu, dalam konteks masalah ekstrakurikuler pramuka saya tetap membuat keputusan dengan mempertimbangkan saran, masukan, dan data yang ada. Langkah pertama yang saya lakukan adalah menata ulang struktur kepengurusan, mengajukan proposal kebutuhan sarana dan prasarana, melakukan pembinaan emosional secara intens, dan melaksanakan program kerja secara aktif.

Dengan langkah tersebut mampu membentuk ekstrakurikuler pramuka SMA Negeri 1 Pringgarata menjadi ekstrakurikuler unggulan di tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi, hingga di tingkat nasional. Terakhir sebelum pandemi Covid-19 melanda, pramuka yang saya bina berhasil mewakili provinsi NTB berkompetisi di tingkat nasional dan berhasil meraih juara harapan II usai bersaing dengan 33 provinsi lainnya di seluruh Indonesia dalam ajang Lomba Gugus Depan Unggul (LGU) Tahun 2019.

Referensi Jawaban dan info lainnya

πŸŸ₯Jawaban Esai guru penggerak Lengkap

🟧Jawaban esai tentang perubahan inovasi Guru Penggerak

πŸ‘‰ Kepmendikbudristek tentang program sekolah penggerak (DOWNLOAD PDF)

πŸ‘‰ Cara Mendaftar Guru Penggerak Angkatan 5 (YUK DAFTAR DISINI)

πŸ‘‰ Contoh format Rapor Sekolah penggerak (LIHAT FORMATNYA)

πŸ‘‰Contoh Modul Ajar Guru penggerak (DOWNLOAD FORMATNYA)

Terima kasih telah berkunjung dan membaca informasi di blog guru-id.com, Semoga bermanfaat dan memberikan tambahan wawasan. salam edukasi.

0 Response to "Pertimbangan-pertimbangan atau alternatif apa saja yang Anda hadirkan dalam membuat keputusan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel