Contoh Jawaban tes wawancara sekolah penggerak

Sahabat guru-id, pada seleksi tahap 2 calon kepala sekolah penggerak ada yang namanya Tes Wawancara. Nah, untuk lebih jelasnya berikut 4 (empat) Tata Cara Pelaksanaan Wawancara yang perlu diketahui.

1. Peserta akan mengikuti seleksi wawancara setelah pelaksanaan seleksi simulasi mengaj ar.

2. Peserta meletakkan komputer atau perangkat elektronik yang mampu menangkap suara dan gambar kandidat dengan baik.

3. Wawancara akan berlangsung kurang lebih 60 menit, dimana kandidat akan diwawancara oleh 2 orang Tim seleksi/Asesor pada saat yang bersamaan.

4. Selama wawancara kandidat diharapkan untuk memberikan jawaban berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki.

Jawaban Wawancara Sekolah Penggerak

gambar TES WAWANCARA Calon Kepala Sekolah Penggerak 2021

Perlu diketahui bahwa Berikut adalah contoh jawaban yang diharapkan saat wawancara:

Saya mengalami beberapa hambatan saat menjalankan program pola hidup sehat untuk anak murid. Pihak sekolah, orangtua murid, pihak kantin, tidak mendukung implementasi program ini karena beberapa kendala di masing-masing pihak. Selama dua tahun saya melakukan berbagai cara untuk merangkul masing-masing pihak, misalnya dengan memberikan pemahaman mengapa program ini perlu diterapkan, bagaimana cara menerapkannya, apa yang bisa didukung dari masing-masing pihak untuk keberhasilan program ini. Bagaimana mengatasi kekhawatiran yang ditakutkan masing-masing pihak, dan sebagainya. Hasilnya di akhir tahun kedua dan memasuki tahun ketiga ini masing-masing pihak menunjukkan dukungannya terhadap program saya.”

10 Kompetensi Seleksi Wawancara



1. Membangun Kerjasama

Menggunakan gaya interpersonal dan metode komunikasi yang sesuai untuk bekeija secara efektif dengan mitra keija (misalnya pimpinan sekolah, lembaga pemerintahan, insitusi pendidikan, lingkungan masyarakat, dll) guna mencapai tujuan yang saling menguntungkan; membangun jejaring untuk memperoleh keijasama yang memenuhi kebutuhan berbagai pihak.

2. Memimpin Perubahan

Secara terus menerus mencari kesempatan atau mendorong orang lain untuk mencari kesempatan melakukan pendekatan yang berbeda dan inovatif dalam mengatasi masalah serta peluang yang dihadapi di sekolah yang dipimpin.

3. Pembinaan dan Pementoran

Melibatkan diri dan berkomitmen dalam proses mengembangkan perilaku, keterampilan, atau pengetahuan spesifik yang dibutuhkan coachee (guru, staf kependidikan, orangtua, atau orang lain), serta memastikan munculnya sikap positif dari coachee (guru, staf kependidikan, orangtua, atau orang lain) yang kelak membantu dan menunjangnya untuk sukses di saat ini dan di masa depan.

4. Memimpin Implementasi

Menerjemahkan arahan dan strategi menjadi program dan rencana kerja; menyelaraskan komunikasi, akuntabilitas, kemampuan sumber daya, proses internal, serta sistem pengukuran berkala untuk memastikan bahwa arahan dan strategi tersebut terwujud dalam pencapaian hasil yang dapat diukur.

5. Mendorong Inovasi

Menciptakan lingkungan atau budaya yang menginspirasi orang untuk menghasilkan solusi solusi baru dengan nilai yang terukur untuk kepentingan pembelajaran; mendorong melakukan cara-cara baru untuk menyelesaikan masalah di pekerjaan dan mengambil peluang yang menghasilkan solusi-solusi yang berbeda.

6. Kematangan Beretika

Pimpinan sekolah yang mampu membangun kepercayaan dengan menunjukkan kematangan emosi dalam berkarya melalui keterbukaan dan kejujuran, berperilaku dengan kebijaksanaan serta kasih sayang, selaras antara perkataan dengan tindakan dan sesuai dengan petunjuk moral, spiritual, nilai, etika profesi, dan kebijakan yang ada.

7. Orientasi Pembelajar

Secara terus-menerus berupaya memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri; membangun lingkungan yang memiliki keinginan untuk terus memperbaiki dan meningkatkan diri

8. Tujuan/Misi

Menjalani panggilan hidup sebagai pimpinan sekolah yang memberi dampak positif secara luas, baik bagi anak didik maupun lingkungan sekitar, sehingga teijadi proses transformasi yang menunjukkan kemajuan positif baik bagi dirinya sendiri maupun anak didik dan lingkungan sekitar.

9. Daya Juang/Resiliensi

Sebagai pimpinan sekolah yang terus berupaya, fokus, dan positif saat mencapai tujuan yang ingin dicapai, serta bangkit kembali saat menghadapi kegagalan mencapai tujuan.

10. Pengambilan Keputusan Strategis

Sebagai pemimpin sekolah yang mampu mengumpulkan informasi serta mengidentifikasi isu utama dan hubungan yang relevan terkait dengan pencapaian tujuan jangka panjang atau visi sekolah; menjalankan serangkaian tindakan untuk mencapai tujuan jangka panjang atau visi setelah mengembangkan alternatif berdasarkan asumsi logis, fakta, sumber daya yang tersedia, serta aturan dan kebijakan yang ada.



Informasi terbaru tentang Sekolah penggerak

πŸ‘‰ (Daftar Peserta yang Lulus Seleksi Tahap 1 Sekolah Penggerak)

πŸ‘‰ (RPP simulasi Mengajar Guru Penggerak)

πŸ‘‰ (Referensi Jawaban Soal essay Guru Penggerak)

πŸ‘‰ Kepmendikbudristek tentang program sekolah penggerak (DOWNLOAD PDF)

πŸ‘‰ Cara Mendaftar Guru Penggerak Angkatan 5 (YUK DAFTAR DISINI)

πŸ‘‰ Contoh format Rapor Sekolah penggerak (LIHAT FORMATNYA)

πŸ‘‰Contoh Modul Ajar Guru penggerak (DOWNLOAD FORMATNYA)

Terima kasih telah berkunjung dan membaca informasi di blog guru-id.com, Semoga bermanfaat dan memberikan tambahan wawasan. salam edukasi.

0 Response to " Contoh Jawaban tes wawancara sekolah penggerak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel