Simulasi mengajar Calon Kepala Sekolah Penggerak 2021 beserta Contoh RPP

Sahabat kepala sekolah penggerak angkatan 2, berdasarkan edaran ditjen gtk kemendikbud, Pelaksanaan seleksi tahap ke-2 (simulasi mengajar dan wawancara) dilaksanakan pada rentang waktu tanggal 5 November s.d. 27 November 2021 secara daring. Selanjutnya Jadwal seleksi tahap ke-2 akan disampaikan melalui e-mail dan aplikasi seleksi sekolah penggerak (SIMPKB).

Selanjutnya guru-id akan membagikan informasi mengenai Tata Cara Pelaksanaan Seleksi Tahap Ke-2 Kepala Sekolah Calon Pelaksana Program Sekolah Penggerak Angkatan II Simulasi Mengajar & Wawancara. Berikut infonya

simulasi mengajar kepala sekolah penggerak

gambar Simulasi mengajar Calon Kepala Sekolah Penggerak 2021

Pada laman ini akan dibagikan Petunjuk Khusus Seleksi Simulasi Mengajar guna mempermudah bapak ibu kepala sekolah

1. Peserta diwajibkan memilih salah satu topik mengajar yang tersedia (sesuai mata pelajaran dan jenjang) melalui tautan berikut: https://bit.ly/TopikRPPSekolahPenggerak2

2. Topik mengajar untuk kepala SLB dan kepala sekolah yang sedang atau pernah mengampu mata pelajaran bahasa daerah, TIK, dan Agama bisa menyesuaikan dengan kurikulum pada jenjang yang sedang atau pernah di ampu.

3. Kepala sekolah yang sedang atau pernah mengajar sebagai guru mata pelajaran bahasa asing/bahasa daerah wajib menggunakan bahasa Indonesia dalam memberikan instruksi pembelajaran (80% bahasa Indonesia, 20% bahasa asing/daerah).

4. Siapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran/RPP untuk durasi 10 menit dan unggah melalui aplikasi seleksi (SIMPKB) sebelum jadwal pelaksanaan seleksi Simulasi Mengajar. (Contoh bagian-bagian RPP terlampir)

5. RPP yang diunggah mengacu pada panduan yang terdapat dalam Surat Edaran Mendikbud No. 14 Tahun 2019, RPP yang diunggah berisi tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian (assessmenf) pembelajaran.

6. Karena pembelajaran akan berlangsung secara singkat selama 10 menit, maka peserta diharapkan berfokus pada tahap pembuka dan inti pembelajaran dalam mengikuti seleksi Simulasi Mengajar. Rencana penilaian pembelajaran wajib disiapkan oleh peserta seleksi walau tidak dilakukan/dilaksanakan dalam simulasi mengajar.

7. Lakukan Simulasi Mengajar selama 10 menit.

8. Lakukan Simulasi Mengajar seolah-olah pembelajaran dilakukan secara tatap muka, dengan menganggap terdapat murid-murid yang mengikuti proses pembelajaran di kelas tersebut.

9. Simulasi Mengajar dilaksanakan bukan sebagai metode pengajaran daring, sehingga kandidat tidak bisa melakukan share screen untuk memberikan materi pembelajaran.

10. Persiapan alat dan bahan yang diperlukan untuk Simulasi Mengajar (contoh: rencana pembelajaran, papan tulis kecil/kertas putih besar, alat peraga, spidol, dll)

11. Pada akhir sesi Simulasi Mengajar akan ada sesi tanya jawab dengan Asesor selama maksimal 6 menit. Peserta akan menjawab beberapa pertanyaan yang akan diajukan oleh tim Asesor. 12. Simulasi Mengajar akan dihentikan oleh Tim Seleksi/Asesor jika sudah melewati waktu pelaksanaan simulasi.

12. Letakkan komputer/laptop/perangkat elektronik yang dapat menampilkan sekitar 70% dari badan peserta. Berikut adalah beberapa contoh tampilan kandidat yang diharapkan dalam mengikuti seleksi simulasi mengajar secara daring:

Unsur Penilaian Seleksi Simulasi Mengajar

Kompetensi 1 - Mengembangkan lingkungan kelas yang memfasilitasi murid belajar secara aman dan nyaman.

Peserta menggembangkan pembelajaran dengan mempertimbangkan tujuan pembelajaran yang relevan bagi murid dan strategi komunikasi yang baik.

Kompetensi 2 - Memandu dan merefleksikan proses belajar mengajar yang efektif.

Peserta memandu pelajaran dengan mempertimbangkan strategi yang dapat membantu murid dalam memperoleh dan/atau menerapkan pengetahuan.

Kompetensi 3 - Menunjukkan kebiasaan refleksi untuk pengembangan diri (Self-regulated learning).

Peserta melakukan refleksi diri terhadap praktik pembelajaran yang telah dilakukan.

Kompetensi 4 - Mendesain proses belajar mengajar yang efektif Peserta dapat merancang strategi penilaian yang baik



Informasi terbaru tentang Sekolah penggerak

πŸ‘‰ (Daftar Peserta yang Lulus Seleksi Tahap 1 Sekolah Penggerak)

πŸ‘‰ (RPP simulasi Mengajar Guru Penggerak)

πŸ‘‰ (Referensi Jawaban Soal essay Guru Penggerak)

πŸ‘‰ Kepmendikbudristek tentang program sekolah penggerak (DOWNLOAD PDF)

πŸ‘‰ Cara Mendaftar Guru Penggerak Angkatan 5 (YUK DAFTAR DISINI)

πŸ‘‰ Contoh format Rapor Sekolah penggerak (LIHAT FORMATNYA)

πŸ‘‰Contoh Modul Ajar Guru penggerak (DOWNLOAD FORMATNYA)

Terima kasih telah berkunjung dan membaca informasi di blog guru-id.com, Semoga bermanfaat dan memberikan tambahan wawasan. salam edukasi.

0 Response to "Simulasi mengajar Calon Kepala Sekolah Penggerak 2021 beserta Contoh RPP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel