Pendaftaran Calon Pengajar Praktik Pendidikan Guru Pengerak Angkatan 7

Bismillah, sahabat pembelajar. Kemendikbudristek kembali membuka rekrutmen calon pengajar praktik angkatan tujuh. Informasi ini tertuang dalam surat edaran ditjen gtk nomor 0622/B3/GT.03.15/2022. Bagi teman-teman yang ingin mengetahui kapan pendaftaran juga daerah mana saja yang menjadi wilayah sasarannya, baca postingan ini hingga akhir.

Calon Pengajar Praktik Pendidikan Guru Pengerak Angkatan 7

Dalam rangka menindaklanjuti peluncuran kebijakan Merdeka Belajar Episode kelima: Guru Penggerak, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyelenggarakan Pendidikan Guru Penggerak (PGP) angkatan 7. Tujuannya untuk menghasilkan Guru Penggerak yang berperan menggerakkan komunitas belajar bagi guru di sekolah dan di wilayahnya serta menumbuhkan kepemimpinan murid untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

PGP angkatan 7 akan dilaksanakan pada sasaran 446 Kabupaten/Kota (daftar Kabupaten/kota dan provinsi sebagaimana Lampiran 1). Pelaksanaan PGP angkatan 7 direncanakan akan dimulai pada bulan Oktober 2022 selama 6 (enam) bulan dengan menggunakan pola belajar mandiri terbimbing melalui sistem belajar daring dan luring. Untuk melaksanakan pendidikan tersebut diperlukan Pengajar Praktik (PP), oleh karena itu sebagai persiapan pelaksanaan pendidikan guru penggerak akan dilakukan rekrutmen Calon Pengajar Praktik (CPP).

Terkait rekrutmen CPP, berikut kami menginformasikan beberapa hal sebagai berikut.

1. Sasaran calon peserta Guru Penggerak angkatan 7 adalah 20.000 calon guru penggerak;

2. Diperlukan sekitar 4.000 Pengajar Praktik, untuk mendampingi 20.000 calon guru penggerak yang terdistribusi pada 446 kabupaten/kota

3. Proses rekrutmen CPP dilakukan beberapa tahap seleksi yaitu:

 tahap 1 : registrasi, pengisian dan penilaian biodata, dan penilaian esai;

 tahap 2 : penilaian simulasi mengajar dan wawancara.

 tahap 3 : pembekalan CPP

Registrasi akan dibuka mulai tanggal 14 Maret – 8 April 2022.

4. Tim rekrutmen calon peserta Guru Penggerak adalah Tim Independen yang telah dibekali dengan pelatihan dan dinyatakan lulus sebagai Asesor dengan mengutamakan prinsip transparan, akuntabel, dan berkualitas.

Informasi proses rekrutmen calon pengajar praktik dapat dilihat pada Lampiran 2, atau pada laman: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/

Selanjutnya kami mohon Bapak/Ibu bersama dengan Tim PGP Dinas Pendidikan Tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota untuk menyampaikan informasi ini kepada para guru terbaik di wilayah Bapak/Ibu untuk mengikuti proses rekrutmen dan seleksi calon peserta guru penggerak. Untuk pertanyaan lebih lanjut, kami siapkan dan layani melalui alamat surel: guru.penggerak@kemendikbud.go.id.

DAFTAR WILAYAH SASARAN REKRUTMEN CALON PENGAJAR PRAKTIK PENDIDIKAN GURU PENGGERAK ANGKATAN 7



Informasi terbaru tentang Sekolah penggerak

πŸ‘‰ (Cara download sertifikat Guru Penggerak tahun 2022)

πŸ‘‰ (Pendaftaran Sekolah Penggerak tahun 2022)

πŸ‘‰ (Daerah sasaran Guru Penggerak angkatan 7)

πŸ‘‰ (Referensi Jawaban Soal essay Guru Penggerak)

πŸ‘‰ Kepmendikbudristek tentang program sekolah penggerak (DOWNLOAD PDF)

πŸ‘‰ Contoh format Rapor Sekolah penggerak (LIHAT FORMATNYA)

πŸ‘‰Contoh Modul Ajar Guru penggerak (DOWNLOAD FORMATNYA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel