rangkuman materi kelas 7 Kurikulum Merdeka SMP/Mts semua mata pelajaran | download disini

Bismillah, guru-id memberikan referensi berupa rangkuman materi SMP Kelas VII kurikulum merdeka semester 1 dan 2 tahun pembelajaran 2022/2023. jikalau ada guru yang membutuhkan guru-id juga memberikan contoh modul ajar sebagai bahan ajar di kelas. sebagaimana telah diketahui bersama, Rangkuman materi merupakan catatan yang dibuat untuk mempermudah peserta didik memahami materi pelajaran. Hal ini dikarenakan rangkuman berisi gabungan intisari dari setiap paragraf atau bab di suatu mata pelajaran, nah bagi teman-teman pendidik yang membutuhkannya silahkan pilih sesuai dengan mata pelajaran yang anda ampu.

Sebelum menuju ke link pilihan rangkuman materi pelajaran kelas 7 kurikulum merdeka, berikut beberapa tips Membuat Rangkuman Materi yang Menarik dan Interaktif yang bersumber dari portal kejarcita

1. Lakukan persiapan sebelum membuat rangkuman

Tips nomor satu untuk membuat rangkuman materi yang menarik dan interaktif yaitu melakukan persiapan terlebih dahulu. Persiapan yang dimaksud yaitu menyiapkan materi pelajaran yang ingin dibuat rangkumannya beserta peralatan untuk mengeksekusi rangkumannya.

Sangat disarankan untuk membuat rangkuman materi sejak jauh – jauh hari sebelum ujian. Kalau perlu, pembuatan rangkuman materi ini menjadi sebuah habit atau kebiasaan positif yang dilakukan setiap pergantian materi bab baru, agar nantinya bisa digunakan saat mendekati waktu ujian tanpa perlu pusing dengan waktu yang terbatas jika baru membuatnya.

Sebelum membuat rangkuman materi, tentu saja peserta didik harus membaca terlebih dahulu seluruh bab atau topik pelajaran yang ingin dibuat rangkumannya. Peserta didik dapat melakukan teknik membaca cepat sehingga tidak perlu menghafalnya. 2. Tandai poin – poin penting

Tips nomor dua dalam membuat rangkuman materi yang menarik dan interaktif yaitu menemukan intisari atau poin penting dari materi pelajaran yang ingin dibuat rangkumannya. Peserta didik dapat menandai poin – poin penting dengan cara meng-highlight-nya menggunakan stabilo atau tanda lain yang sekiranya dapat dilihat. Intisari atau poin – poin penting tersebut nantinya menjadi bahan tulisan dalam rangkuman materi yang akan dibuat.

Menandai poin – poin penting dapat dilakukan berbarengan dengan membaca cepat. Sesungguhnya, membaca cepat akan mudah dilakukan jika kita sering membaca buku. Tetapi tak perlu khawatir, karena tips untuk membaca cepat yaitu membaca teks dalam hati. Jika anda membaca sambil bersuara maka akan membuang lebih banyak waktu dibandingkan membaca dalam hati.

3. Buat target waktu

Tips nomor tiga dalam membuat rangkuman materi yang menari dan interaktif yaitu membuat target waktu. Target waktu sangat penting agar sesuatu yang kita kerjakan menjadi optimal alias tidak membuang – buang waktu. Usahakan peserta didik membuat target waktu di saat awal sebelum membaca cepat.

Sebagai contoh, peserta didik membuat target waktu 4 jam untuk membuat rangkuman materi. Pembuatan target waktu membuat peserta didik harus memaksimalkannya dengan baik. Misalnya menetapkan 2 jam untuk membaca cepat dan 2 jam lainnya untuk mencatat ulang.

Tak hanya memaksimalkan waktu yang digunakan, target waktu juga dapat membantu peserta didik untuk melatih kemampuan membaca cepat yang mereka punya.

4. Kreasikan rangkuman materi

Tips nomor empat dalam membuat rangkuman materi yang menarik dan interaktif yaitu membuat kreasi rangkuman materi. Kreasi yang dimaksud yaitu ‘menghias’ rangkuman materi dengan sesuatu yang indah dipandang mata sehingga peserta didik tidak bosan saat membacanya.

Untuk mengkreasikan rangkuman materi dapat menggunakan alat tulis yang menarik perhatian seperti: highlighter color, stabilo, pulpen warna – warni, dan lainnya. Alat tulis tersebut dapat digunakan saat menulis tiap bagian judul. Dengan demikian, peserta didik jadi mudah mengingat bagian – bagian penting pelajaran berkat keberadaan warna yang menarik perhatian.

Selain menggunakan alat tulis warna – warni, peserta didik dapat mengkreasikan tulisan poin – poin materi menggunakan teknik handwritingdan lettering. Teknik ini juga dapat memanjakan mata yang membacanya sehingga materi menjadi mudah diingat.

5. Tambahkan Ilustrasi

Tips nomor lima dalam membuat rangkuman materi yang menarik dan interaktif yaitu menambahkan ilustrasi sebagai pelengkap rangkuman. Peserta didik yang suka menggambar bisa menambahkan ilustrasi atau gambar sebagai pengganti tulisan, karena informasi visual dari ilustrasi atau gambar lebih mudah untuk diserap otak daripada tulisan.

Jika peserta didik tidak bisa menggambar juga tidak masalah. Gambar tangan dapat diganti dengan gambar hasil print komputer atau foto yang dicetak lalu ditempel dalam rangkuman materi. Tak hanya ilustrasi berbentuk gambar, peserta didik dapat meringkas informasi dengan membuat diagram, grafik, atau tabel. Hal itu tentu sangat membantu dalam meringkas materi pelajaran.

Tak hanya ilustrasi gambar maupun diagram, peserta didik juga dapat menuliskan kalimat motivasi pada pojok kertas rangkuman materi untuk memantik rasa semangat ketika belajar.

6. Scan rangkuman materi

Tips terakhir yaitu meng-scan rangkuman materi menjadi file elektronik. Rangkuman materi dapat disimpan dalam mode PDF atau gambar JPEG. Hal ini bertujuan untuk memudahkan peserta didik ketika belajar, sehingga mereka tidak perlu bingung ketika kertas rangkumannya tertinggal di rumah karena hampir semua orang selalu membawa ponsel.

Kumpulan materi smp kelas 7 kurikulum merdeka

materi pelajaran kelas 7 Kurikulum Merdeka

Materi pelajaran SMP kelas tujuh yang guru-id bagikan pada laman ini masih butuh pengembangan sehingga sangat disarankan agar diedit kembali.

1. Tampilkan : rangkuman materi Pai kelas 7 kurikulum merdeka

2. Tampilkan : rangkuman materi pkn kelas 7 kurikulum merdeka

3. Tampilkan : rangkuman materi bahasa indonesia kelas 7 kurikulum merdeka

4. Tampilkan : rangkuman materi bahasa inggris kelas 7 kurikulum merdeka

5. Tampilkan : rangkuman materi matematika kelas 7 kurikulum merdeka

6. Tampilkan : rangkuman materi ipa kelas 7 kurikulum merdeka

7. Tampilkan : rangkuman materi ips kelas 7 kurikulum merdeka

8. Tampilkan : rangkuman materi pjok kelas 7 kurikulum merdeka

9. Tampilkan : rangkuman materi Prakarya kelas 7 kurikulum merdeka

10. Tampilkan : rangkuman materi Informatika kelas 7 kurikulum merdeka

11. Tampilkan : rangkuman materi ski kelas 7 kurikulum merdeka

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel