Latihan Soal Asesmen Kompetensi Minimum Online Untuk Siswa SMP

Guru-id.com - Khusus Untuk Siswa Jenjang SMP yang ingin latihan soal-soal Online Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Tahun 2020-2021, berikut ini penulis bagikan dalam bentuk aplikasi yang bersumber dari kemendikbud (Puspendik). Materi soal AKM yang dibahas untuk Siswa SMP ini meliputi aspek pembelajaran literasi Membaca, Sains, matematika, Finansial dan soal-soal aksi yang pastinya asyik dipelajari oleh peserta didik. Dalam hal ini guru yang mengarahkan siswa ke situs online soal-soal AKM ini.

gambar soal Asesmen kompetensi Minimum siswa SMP

Dibawah ini merupakan beberapa butir contoh soal-soal Asesmen Kompetensi Minimum sebagai gambaran bagi peserta didik sebelum mengerjakan keseluruhan soal-soal yang ada di laman web puspendik.

A. Contoh Soal AKM Kemampuan Literasi Membaca

1. Daffa ingin mengusulkan cara berlibur yang berkesan untuk seluruh anggota keluarga, namun juga mendidik dan juga murah di sekitar kota Bandung kepada ibunya.

Daffa menelurusi informasi tersebut melalui mesin pencari internet. Daffa mengetikkan kata ”liburan” di mesin pencari dan ditemukan 42.200.000 laman yang terkait liburan.

gambar soal asesmen kompetensi minimum literasi membaca

Pertanyaan : Tuliskan minimal tiga kata yang perlu ditambahkan oleh Daffa agar diperoleh laman yang sesuai dengan kebutuhannya!

2. Berdasarkan isi laman, tentukan setiap pertanyaan berikut benar atau salah!

3. Daffa memutuskan untuk mengirim surat elektornik kepada pengurus komunitas kemah keluarga Indonesia. Surat tersebut bertujuan untuk memperkenalkan diri dan mengetahui bagaimana cara bergabung pada komunitas tersebut.

Tulislah sebuah surat elektronik singkat yang mungkin ditulis oleh Daffa!

B. Contoh Soal AKM Kemampuan Literasi Sains

BERLARI SAAT CUACA PANAS

Ketika berlari jarak jauh, suhu tubuh meningkat dan badan menjadi berkeringat.

Jika pelari tidak cukup minum untuk menggantikan air yang hilang melalui keringat, akan riskan terjadi dehidrasi. Kehilangan air sejumlah 2% dari berat tubuh merupakan ciri kondisi dehidrasi. Nilai Persentase 2% diberi tanda label pada pengukur cairan yang hilang seperti gambar di bawah.

Jika suhu tubuh meningkat sampai 40°C atau lebih, pelari dapat terancam nyawanya karena kondisi “serangan panas”. Suhu 40°C ini diberi tanda label pada termometer suhu seperti gambar berikut.

Soal 1 :Jalankan simulasi untuk mengumpulkan data berdasarkan informasi berikut. Pilihlah jawaban yang benar dari menu drop down.

Seorang pelari berlari selama satu jam di udara yang panas dan kering (suhu udara 40°C dan kelembaban udara 20%). Pelari tersebut tidak minum air.

Bahaya kesehatan apakah yang mengancam pelari pada kondisi tersebut?

Bahaya kesehatan yang mengancam pelari adalah

Soal 2 : Seorang pelari berlari beberapa jam pada hari yang panas dan lembab (suhu udara 35°C, kelembaban udara 60%) tanpa minum air. Pelari tersebut beresiko terkena dehidrasi dan serangan panas.

Apa efek minum air terhadap pelari yang beresiko yang beresiko terkena dehidrasi dan serangan panas tersebut ?

C. Contoh Soal AKM Kemampuan Literasi Matematika

1. Ayah berencana merenovasi teras rumah. Tidak hanya mengecat ulang dinding teras tetapi juga mengganti ubin teras dengan motif dekoratif seperti gambar berikut.

Teruskan pengubinan di atas dengan memindahkan 6 ubin di bawah ini di kotak yang kosong. Gunakan tombol putar untuk memutar setiap ubin sehingga diperoleh motif pengubinan yang tepat!

2. Teras rumah yang akan direnovasi berukuran 3 meter x 1,6 meter. Setiap ubin berukuran 20 cm x 20 cm. Ubin-ubin tersebut dijual dalam satuan kardus. Setiap kardus berisi 12 keping ubin. Berapa karduskah yang harus dibeli ayah untuk keperluan renovasi?

Simulasi Soal Asesmen Kompetensi Minimum

Ingin contoh soal-soal asesmen kompetensi tahun 2020 yang lebih lengkap? Silahkan latihan online melalui website puspendik dengan cara klik link simulasi online di bawah ini.

1. Try Out Online Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Kemampuan LIterasi Membaca (Puspendik) melalui link berikut


2. Try Out Online Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Kemampuan LIterasi Sains (Puspendik) melalui link berikut


3. Try Out Online Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Kemampuan LIterasi Matematika (Puspendik) melalui link berikut


4. Try Out Online Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Kemampuan LIterasi Finansial (Puspendik) melalui link berikut


  • SOAL AKSI PUSPENDIK PAKET 1 : http://aksi.puspendik.kemdikbud.go.id/mars/page/index-mars.html (MULAI SIMULASI)
  • SOAL AKSI PUSPENDIK PAKET 2 : http://aksi.puspendik.kemdikbud.go.id/blackwell/page/ (MULAI SIMULASI)

Akhirnya

Penulis akhiri postingan ini, semoga soal-soal AKM online ini bisa menjadi bahan belajar khususnya untuk siswa jenjang SMP/Mts Tahun 2020.

0 Response to "Latihan Soal Asesmen Kompetensi Minimum Online Untuk Siswa SMP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel