Cara Mengatur Sesi ANBK Tahun 2021 & Mendapatkan Username/Password Login CBT Proktor

Sobat proktor, Pada postingan ini guru-id akan berbagi langkah-langkah mengatur sesi Asesmen Nasional atau AKM kegiatan ANBK tahun 2021 di portal web Anbk kemdikbud. Tutorial kali ini lebih ditujukan kepada teman-teman proktor pemula sebagai persiapan pelaksanaan gladi bersih anbk tahun 2021. Jika sudah pernah mengikuti UNBK tahun 2020, maka kurang lebih caranya sama dengan pengaturan sesi peserta unbk.

Asesmen Nasional disingkat AN merupakan salah satu model penilaian pengganti Ujian Nasional. Jadi tahun 2021 tidak akan ada lagi Ujian nasional, tapi digantikan dengan "asesmen nasional". sedikit informasi bahwa di dalam asesmen nasional soal-soal yang diujikan adalah Asesmen Kompetensi Minimum (AKM).

Kembali ke tugas proktor dalam kelancaran pelaksanaan ANBK, maka proktor perlu mempersiapkan data yang dientrikan ke web ANBK kemdikbud. Selain itu tugas yang tak kalah pentingnya sesuai judul postingan kita adalah melakukan "pengaturan sesi" peserta ujian sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Inilah topik yang akan kita bahas pada laman ini yaitu melengkapi data-data yang diperlukan untuk kegiatan ANBK Asesmen Nasional yang merupakan tugas proktor. Mari kita mulai...

πŸ‘‰ Langkah pertama, proktor mengunjungi laman "anbk kemdikbud", jika ada pertanyaan mengenai bagaimana mendapatkan user dan password login ke web anbk, silahkan pelajari lebih lanjut tentang Cara Login Proktor di web anbk.

Jika masih bingung, teman proktor bisa mendapatkan user dan password login web anbk melalui tim teknis Dinas pendidikan kabupaten/kota.

πŸ‘‰ Langkah kedua, proktor silahkan melakukan pengisian data Identitas dan Infrastruktur Sekolah. Data tersebut mulai dari identitas, tim teknis dan infrastruktur, caranya klik Menu "Data Sekolah"

πŸ‘‰ Langkah ketiga, silahkan proktor klik menu biodata siswa, lalu cek apakah data siswanya sudah lengkap dan benar. Jika belum ada data silahkan klik "AMBIL DATA DARI BIO AN" di pojok kiri atas.

Id dan Password Proktor

πŸ‘‰ Langkah keempat, silahkan cek data komputer proktor. Ini sangat penting karena username dan password login aplikasi cbt anbk didapatkan dari menu ini. Nah "cara mendapatkan iD Proktor dan pasword" silahkan klik menu Tambah, tapi terlebih dahulu pilih jenjang.

Selanjutnya isikan data jumlah komputer client, jumlah ruang, nama ruang dan klik tombol simpan. Maka data id proktor, dan password nantinya akan muncul di menu ini. so, pantau terus menu komputer proktor untuk mendapatkan password login ke aplikasi cbt exambro proktor.

Cara Mengatur Sesi

πŸ‘‰ Langkah kelima yakni pengaturan sesi peserta ANBK/AKM (gladi bersih) persiapan Asesmen Nasiona. Caranya pada laman data sesi, silahkan pilih peserta.

πŸ‘‰ Isikan Id proktor/ruang, caranya klik saja kolomnya nanti akan muncul id proktornya.

πŸ‘‰Pilih Gelombang, kemudian isikan sesi tiap peserta, ada dua hari pelaksanaan disesuaikan dengan jadwal. Silahkan ulangi pengisian pada setiap peserta.

Menentukan sesi

πŸ‘‰Cara menentukan berapa sesi adalah dengan membagi jumlah komputer client dengan jumlah peserta, misal jumlah komputer client 20, dan jumlah peserta 40, maka bisa menggunakan dua sesi. begitu juga membagikan sesi dengan jumlah yang berbeda. Semoga diphami.

πŸ‘‰ Jika data sudah diisi maka silahkan klik tombol simpan di pojok kiri atas seperti penampakkan gambar dibawah

gambar cara pengaturan sesi anbk 2021

πŸ‘‰ Langkah terakhir memastikan data yang diatur sudah lengkap. Carany klik menu "cek kelengkapan data" dan pastikan status data peserta sudah tercentang hijau. Jika tercentang merah, maka ada data yang belum diisi di menu pengaturan sesi.

gambar cek kelengkapan data peserta anbk 2021
INFO ANBK

LINK DOWNLOAD

Oke selanjutnya berikut link download VHD ANBK, EXAMBRO, dan lain-lain silahkan unduh mellaui tautan dibawah !

πŸ‘‰ LINNK DOWNLOAD VHD SIMULASI ANBK 2021, (UNDUH DISINI).

πŸ‘‰ LINNK DOWNLOAD EXAMBRO ADMIN DAN CLIENT ANBK 2021, (UNDUH DISINI).

Baca selanjutnya Soal AKM jenjang SD:

πŸ‘‰ Soal ANBK SD beserta kunci jawaban

πŸ‘‰ Soal AKM kelas 2 SD beserta kunci jawaban

πŸ‘‰ Soal AKM kelas 4 SD beserta kunci jawaban

πŸ‘‰ Soal AKM kelas 5 SD beserta kunci jawaban

πŸ‘‰ Soal AKM kelas 6 SD beserta kunci jawaban

Soal AKM SMP

πŸ‘‰ Soal AKM PAI SMP beserta kunci jawaban

πŸ‘‰ Soal AKM PKN SMP beserta kunci jawaban

πŸ‘‰ Soal AKM bAHASA INDONESIA SMP beserta kunci jawaban

πŸ‘‰ Soal AKM bAHASA INGGRIS SMP beserta kunci jawaban

πŸ‘‰ Soal AKM MATEMATIKA SMP beserta kunci jawaban

πŸ‘‰ Soal AKM IPA SMP beserta kunci jawaban

πŸ‘‰ Soal AKM IPS SMP beserta kunci jawaban

πŸ‘‰ Soal AKM SENI BUDAYA SMP beserta kunci jawaban

πŸ‘‰ Soal AKM PRAKARYA SMP beserta kunci jawaban

πŸ‘‰ Soal AKM PJOK SMP beserta kunci jawaban

Demikianlah informasi tentang pengaturan sesi anbk/akm 2021 Yang bisa dibagikan melalui laman ini. Semoga menambah pengetahuan baru bagi prktor pemula

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel